Buku Memoar Cicely Tyson Meroket Usai Kepergiannya

Tia Agnes - detikHot
Minggu, 31 Jan 2021 12:00 WIB
Aktris Cicely Tyson
Buku Memoar Cicely Tyson Meroket Usai Kepergiannya. (Foto: Istimewa)
Jakarta -

Kepergian Cicely Tyson yang dikenal sebagai ikon Hollywood dan pembuka jalur bagi aktris kulit hitam lainnya membawa duka yang mendalam bagi para penggemarnya. Di akhir usianya, ia masih aktif mempromosikan buku memoar berjudul Just As I Am.

Memoar Just As I Am yang diterbitkan di usia menginjak 96 tahun itu kini menempati posisi nomor satu di situs Amazon. Beberapa jam setelah kematiannya, memoarnya menggantikan buku edisi terbatas Amanda Gorman yang mencetak sejarah di hari pelantikan Joe Biden. Amanda Gorman diketahui diundang di hari pelantikan Joe Biden untuk membacakan puisi berjudul The Hill We Climb.

Salah satu kicuan terakhir Cicely Tyson juga memuji penampilan Amanda Gorman di Capitol AS.

"Kata-kata Anda mengingatkan kami bahwa kami akan bangkit, membangun kembali, mendamaikan, dan memulihkan. Terima kasih atas kata-kata dan cahaya Anda," cuit Cicely Tyson.

Setelah kepergian Cicely Tyson, media-media Amerika Serikat mengapresiasi kinerja kerasnya di industri Hollywood dan mengenai memoar pribadinya.

Dalam sebuah wawancara di stasiun televisi sebelum meninggal, Cicely Tyson menceritakan tentang masa kecil yang pemalu sampai mendapatkan peran nominasi Oscar Awards dalam film Sounders.

"Saya tidak pernah benar-benar bekerja untuk mendapatkan uang. Saya bekerja karena ada masalah tertentu yang saya harap dapat ditangani saya dan ras komunitas saya sebagai perempuan kulit hitam," ucapnya.

Buku memoar Cicely Tyson dipecah menjadi tiga bagian yakni Planted, Rooted, dan Bountiful. Bukunya digambarkan sebagai hadiah perpisahan untuk para penggemarnya dan perempuan yang rela berjuang untuk kehidupannya.

"Saya ingin menulis buku karena semua orang hanya tahu dunia saya yang gemerlap dan sukses, tapi tidak tahu yang sebenarnya soal Cicely Tyson," katanya.

Selama beberapa dekade, Cicely Tyson menjadi panutan karena sukses sebagai aktris kulit hitam yang dihargai di industri Hollywood. Dia memenangkan Emmy Awards sebagai aktris utama pada 1974 untuk The Autobiography of Miss Jane Pittman.

Setahun sebelumnya, ia juga dinominasikan untuk aktris terbaik Oscar untuk film Sounder. Di awal kariernya, Cicely Tyson membintangi drama berjudul The Blacks dan lawan mainnya adalah Maya Angelou, James Earl Jones, dan Louis Gossett Jr.

(tia/mau)