Karier Meroket, Penyair Amanda Gorman Berlaga di Super Bowl

Tia Agnes - detikHot
Kamis, 28 Jan 2021 13:50 WIB
American poet Amanda Gorman reads a poem during the 59th Presidential Inauguration at the U.S. Capitol in Washington, Wednesday, Jan. 20, 2021. (AP Photo/Patrick Semansky, Pool)
Amanda Gorman bakal 'berlaga' di pertandingan Super Bowl 2021 Foto: AP/Patrick Semansky
Jakarta -

Setelah mencetak sejarah sebagai penyair termuda yang membacakan puisi di hari inagurasi Joe Biden, kariernya terus meroket. Amanda Gorman kini terpilih sebagai salah satu dari tamu istimewa di lapangan Super Bowl.

National Football League (NFL) telah memilih tiga orang yang bertugas sebagai kapten kehormatan di ajang Super Bowl. Amanda Gorman pun terpilih untuk melemparkan koin.

Komisaris Roger Goodell mengumumkan ada tamu istimewa lainnya yang juga dipilih yakni seorang veteran marinir James Martin dan guru bernama Trimaine Davis. Mereka akan tampil melempar koin pada 7 Februari di Tampa, Florida.

Mereka terpilih karena berhasil menyebarkan pesan It Takes All of Us sepanjang musim ini.

Amanda Gorman diketahui sebagai penyair muda yang membacakan puisi The Hill We Climb saat pelantikan Joe Biden pada 20 Januari 2021. Dia juga diketahui akan membacaka puisi sebelum pertandingan Super Bowl berlangsung yang disiarkan di televisi.

Penampilan Amanda Gorman saat hari pelantikan Joe Biden itu menarik perhatian masyarakat Amerika Serikat. Amanda Gorman diundang untuk membacakan puisi dan hadir bersama penampilan Lady Gaga dan J-Lo di Capitol AS.

Bahkan buku-bukunya pun meroket tajam padahal belum resmi diterbitkan. Dua buku puisi tersebut adalah The Hill We Climb: Poems dan Change Sings: A Children Anthem.

Penyair itu bergabung dengan daftar penulis kulit hitam lainnya yang berada dalam daftar terlaris Amazon. Mereka adalah keponakan Kamala Harris lewat buku anak-anak Ambitious Girl. Diikuti oleh A Promised Land yang ditulis oleh Barack Obama.

Amanda Gorman dibesarkan oleh seorang ibu tunggal dan guru bahasa Inggris kelas 6. Ia mulai menulis puisi ketika masih kecil karena mengalami kesulitan bicara.

Dia mengatasi ketakutan itu dengan menulis puisi dan belajar dari mantan presiden Barack Obama dan Martin Luther King Jr, serta berlatih lagu dari musikal broadway Hamilton.



Simak Video "Nadine Chandrawinata Segera Rilis Buku Puisi Tentang Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/nu2)