Rapijali Cerita Fiksi soal Dunia Musik dan Lika-likunya

Tia Agnes - detikHot
Sabtu, 23 Jan 2021 10:45 WIB
Dee Lestari
Foto: (dok. ist)
Jakarta -

Sejak tahun 2020, Dee Lestari membocorkan sedang menulis cerita tentang musik yang membuatnya namanya kian dikenal sampai sekarang. Novel Rapijali yang terbit dalam dua format yakni cerbung digital di Storial.Co dan versi buku cetak segera menyapa pembaca.

Perempuan yang pernah tergabung dalam Rida Sita Dewi itu menceritakan lebih dari dua dekade berkecimpung di dunia tulis menulis, ia tak pernah menceritakan tentang musik.

"Di Rapijali secara khusus saya menulis fiksi tentang dunia musik. Karena ini bidang saya, jadi nggak terlalu riset jauh-jauh meski ada hal teknis yang tidak sesederhana yang dibayangkan," tutur Dee Lestari saat media gathering virtual, Jumat (22/1/2021).

Tetap saja, Dee Lestari menutuskan banyak hal yang harus dieksplorasi dan membuatnya berkreasi lagi.

"Bukan hanya soal alur cerita, tapi lagu apa yang mau dimasukkan, vokal Ping seperti apa, teman-teman menyambut Ping dengan jalinan instrumen seperti apa. Hal ini tidak seperti fiksi-fiksi saya terdahulu," sambungnya.

Keunikan cerita si karakter utama, kakeknya adalah seorang pemusik. Banyak musik dari tahun 1970-an yang dimasukkan Dee Lestari dan mempengaruhi perjalanan bakatnya.

Ping nantinya juga akan ada dalam ajang kompetisi band. Kompetisi band di dekade 1990 atau 2000-an diakui Dee menjadi hal yang lumrah. Secara otomatis, ia mencari referensi ke dekade sebelumnya.

"Sejauh ini saya juga siapkan playlist. Sudah bisa didengarkan di Spotify juga. Kelihatan tuh jenis musik dan lagu-lagu yang dimainkan dalam Rapijali seperti apa, saya mencantumkannya seperti urutan dalam cerita," lanjut Dee Lestari.

Dalam cerita Rapijali, band yang menaungi Ping juga bakal menciptakan berbagai lagu. "Di situlah koktail-nya, ada banyak campuran musik dalam Rapijali," katanya.

Ia menegaskan cerita Rapijali yang fokus pada drama dan tak seperti fiksi-fiksi sebelumnya itu dinilai sebagai buku sederhana tapi paling sulit dieksplorasi.

Rapijali menceritakan tentang remaja perempuan yang rumahnya penuh alat musik dan tinggal bersama kakeknya di tepi Sungai Cijulang. Ping punya bakat musik istimewa, hidupnya pun jungkir balik saat pindah ke Jakarta dan tinggal bersama keluarga calon gubernur.



Simak Video "Siapkan Stamina, Ini Kiat-kiat Menulis dari Dee Lestari"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dal)