Dee Lestari Ungkap Alasan Pangandaran Jadi Lokasi Cerita Rapijali

Tia Agnes - detikHot
Sabtu, 23 Jan 2021 09:22 WIB
Dee Lestari
Foto: (dok. ist)
Jakarta -

Dee Lestari mengungkapkan ada cerita menarik mengenai latar kota untuk karya terbaru Rapijali. Cerbung digital Rapijali bakal terbit pada 25 Januari dilanjutkan versi cetak yang diterbitkan Bentang Pustaka di akhir Februari 2020.

Novelis Aroma Karsa itu menceritakan awalnya karakter utama remaja perempuan yang dituliskan Dee Lestari berasal dari Garut, Jawa Barat. Ketika pergi berlibur saat SMP ke desa, Dee terkenang dengan kondisi alam dan pedesaannya di dekade 1990-an.

Tak disangka, ketika Dee menyambangi Garut pada 2000-an, lokasinya benar-benar berbeda. Rencana pun berpindah.

Dee Lestari memikirkan lokasi lainnya untuk novel Rapijali. Pada suatu hari, ia harus naik pesawat ke Cilacap tapi pesawatnya malah mendarat secara darurat ke Bandara Cijulang Nusawiru, Pangandaran, Jawa Barat.

Betapa terkejutnya, Dee Lestari melihat kondisi Pangadarans saat itu. Kondisi kota belum banyak berubah dan ia pun mengubah setting ke kota tersebut.

"Gara-gara nyasar terbuka kuncinya, jadilah letak setting kota kelahiran Ping itu di Batu Karas, Pangandaran. Beberapa bulan berikutnya, saya balik lagi ke sana dan dihubungkan oleh teman dengan orang lokal di sana lalu mengunjungi tempat lainnya," terang Dee Lestari.

Dalam proses risetnya, ia mengunjung lokasi-lokasi yang ada di Pangandaran. Di antaranya adalah Batu Karas, Sungai Cijulang, Green Canyon, Batu Nunggal, Pantai Madasari, dan SMA 1 Parigi untuk melihat-lihat latar sekolah Ping.

"Cerita ini murni drama, tidak ada sains fiction atau filosofi apa pun. Jadi itulah tempat-tempat yang saya jadikan sebagai Planet Ping, dunia bagi karakter saya," tukasnya.

Rapijali menceritakan tentang remaja perempuan yang rumahnya penuh alat musik dan tinggal bersama kakeknya di tepi Sungai Cijulang. Ping punya bakat musik istimewa, hidupnya pun jungkir balik saat pindah ke Jakarta dan tinggal bersama keluarga calon gubernur.

Dari hidup Ping yang sederhana di desa pun berubah saat ia tinggal di kota. Ping pun harus berhadapan dengan bakat musik yang terpendam dan teman-teman satu band lainnya.



Simak Video "Siapkan Stamina, Ini Kiat-kiat Menulis dari Dee Lestari"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dal)