5 Buku Harun Yahya yang Tuai Kontroversi

Tia Agnes - detikHot
Selasa, 12 Jan 2021 13:30 WIB
Siapa Adnan Oktar alias Harun Yahya, pendiri organisasi Islam yang dituduh punya budak seks dan kini divonis 1.075 tahun penjara
5 buku Harun Yahya Foto: BBC World
Jakarta -

Nama Harun Yahya menjadi trending topik sepanjang hari ini. Pendakwah asal Turki yang bernama asli Adnan Oktar itu dijatuhi hukuman bui 1.075 tahun atas kejahatan seksual yang dilakukannya.

Selama menjadi pendakwah, Harun Yahya juga dikenal sebagai penulis buku terlaris bertemakan Islam. Dilansir dari situs Wikipedia, ia telah menulis dan menerbitkan ratusan buku, buklet, poster, dan berbagai dokumenter yang rilis secara mewah dengan kertas berkualitas.

Buku-bukunya pun sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris oleh Ta-Ha Publishers yang ada di London, Inggris.

Berikut 5 buku terkenal Harun Yahya yang penerbitannya pun menuai kontroversi, seperti dirangkum detikHOT:

1. Atlas Penciptaan

Buku Atlas Penciptaan atau Atlas of Creation 1 (Global Publishing, Istanbul, 2006) menjadi salah satu buku yang ditulis Harun Yahya dan disebut sebagai tandingan teori Darwin.

Pada 2007, ia mengirimkan ribuan kopi buku untuk menyebarkan kreasionisme Islam di kalangan akademisi, anggota Kongres, dan ilmuwan Amerika.

Dilansir dari Wikipedia, bukunya mendapat respons negatif karena sejumlah kesalahan. Harun Yahya menyebut gambar ular laut sebagai belut. Kontroversi lainnya ada dalam gambar umpan pancing milik Graham Owen tanpa izin.

Buku-buku Harun YahyaBuku-buku Harun Yahya Foto: Istimewa

2. Soykırım Yalanı (Kebohongan Holocaust)

Harun Yahya yang mengaku sebagai seorang anti-Zionis, anti-Mason, dan mengatakan paham tersebut berakar pada kekafiran dan Darwinisme juga menerbitkan buku Kebohongan Holocaust. Dalam buku tersebut, ia mengatakan Holocaust adalah kebohongan belaka.

Setelah menuai kontroversi, dalam sebuah wawancara dengan media The Guardian, Harun Yahya justru menyangkal telah menulis dan menerbitkan buku tersebut.

3. Keruntuhan Teori Evolusi

Dalam buku Keruntuhan Teori Evolusi yang diterbitkan April 1997, Harun Yahya mengemukakan perbedaan teori evolusi Darwin dan versinya. Dari perbedaan itulah menyebabkan Keruntuhan Teori Evolusi.

Darwin terkenal dengan teori evolusinya setelah ia menerbitkan buku berjudul The Origin of Species pada 1859. Dalam bukunya, Harun Yahya mengemukakan jenis makhluk hidup tidak bisa berubah karena perubahan sesuatu dan setiap makhluk hidup juga tidak berkerabat satu sama lain.

Materi dan persepsi kita adalah ilusi sedangkan yang nyata adalah Allah dan meliputi segalanya.

4. Negeri-negeri yang Musnah

Buku-buku Harun YahyaBuku-buku Harun Yahya Foto: Istimewa

Buku yang terbit pada 1999 itu mengemukakan pendapat Harun Yahya tentang masyarakat masa lampau yang telah dihancurkan karena penentangan mereka terhadap Allah.

Tujuan buku terbit untuk untuk menyoroti semua peristiwa ini, yang masing-masingnya merupakan contoh bagi mereka di masa itu, sehingga dapat menjadi sebuah peringatan.

5. Zionisme dan Freemasonry

Buku Harun Yahya lainnya adalah tentang Zionisme dan Freemasonry. Ia menuduh kaum Zionis melakukan rasisme dan menegaskan bahwa Zionisme dan Freemasonry telah menimbulkan banyak pengaruh negatif terhadap sejarah dan politik dunia.

Namun belakangan, ia menjelaskan bahwa kecamannya secara khusus ditujukan pada Zionis yang ateis. Harun Yahya juga menganjurkan toleransi terhadap Yahudi yang tidak ateis.



Simak Video "Sosok Harun Yahya, Pendakwah Pintar yang Dipenjara 1000 Tahun"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)