Interior Chinatown Berhasil Juarai National Book Awards

Asep Syaifullah - detikHot
Jumat, 20 Nov 2020 08:25 WIB
Buku Interior Chinatown karya Charles Yu.
Buku Interior Chinatown karya Charles Yu. Dok. National Book Awards/Interior Chinatown
Jakarta -

Ajang National Book Awards kembali digelar pada Rabu (18/11). Pada pagelaran ke-71 tersebut, penulis Charles Yu berhasil memenangkan ajang tersebut pada kategori fiksi dengan buku miliknya yakni Interior Chinatown.

Berkisah tentang stereotipe masyarakat Asia-Amerika, buku yang digarap dengan gaya naskah itu menceritakan tentang seorang aktor bernama Willis Wu . Ia harus menghadapi tindakan rasis dan dianggap remeh di dunia hiburan.

Bergaya satire, novel karya Charles Yu itu pun mendulang banyak pujian dari kritikus terkenal. Pujian seperti penemuan yang menakjubkan hingga sangat jenius menjadi jabaran atas bagaimana handalnya pria yang sempat bekerja sebagai pengacara itu menuangkan sebuah fenomena sosial menjadi karya yang asik dan lucu untuk dibaca.

Charles Yu juga sempat didapuk menjadi salah satu dari The National Book Foundation' Five Under 35 atau penulis berbakat yang berusia di bawah 35 tahun pada 2007. Interior Chinatown sendiri menjadi karya keempat sepanjang karier sebagai penulis.

Ia pun mengaku sangat bangga bisa memenangkan penghargaan tersebut. Charles Yu masih tak percaya jika ia telah menang.

"Aku tak bisa merasakan tubuhku saat ini. Aku tak menyangka diriku akan menang dan tak menyiapkan pidato yang layak. Aku seperti akan meleleh saat ini," tuturnya dalam acara yang digelar secara daring tersebut.

National Book Award digelar pertama kali pada 1950 dan menjadi salah satu ajang paling prestisius di bidang literasi di seluruh dunia. Beberapa penulis terkenal pun pernah mendapatkan penghargaan dari ajang tersebut seperti W H Auden, Sauk Bellow, Ralph Ellison, William Faulkner hingga Flannery O'Connor.

Pada gelaran tahun ini, acara tersebut digelar secara daring untuk mencegah penyebaran virus COVID-19 dan dipandu oleh penulis buku anak-anak Jason Reynolds yang juga sempat dua kali menjadi finalis di ajang tersebut.

Hampir setengah dari finalis di tahun ini berasal dari publisher independen atau akademis. Ada delapan dari 25 finalis yang baru masuk dalam ajang tersebut.



Simak Video "Netizen Korsel Lebih Pilih Han Ji Pyeong Dibanding Nam Do San"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/tia)