Jakarta Content Week Bawa Panggung Konten Kreatif ke Industri Global

Tia Agnes - detikHot
Kamis, 22 Okt 2020 16:41 WIB
Jakarta Content Week 2020
Jakarta Content Week digelar selama 3 hari pada 11-15 November 2020 Foto: Istimewa
Jakarta -

Gelaran Jakarta Content Week segera digelar secara virtual di masa pandemi. Untuk pertama kalinya, festival konten kreatif yang diselenggarakan oleh Yayasan 17.000 Pulau Imaji dan Frankfurter Buchmesse bakal hadir pada 11-15 November 2020.

Ketua Yayasan 17.000 Pulau Imaji, Laura Bangun Prinsloo, menuturkan wacana membuat festival konten kreatif sudah mencuat sejak ia mengemban tugas di Komite Buku Nasional (KBN).

"Kami diberi tugas untuk membawa konten-konten Indonesia ke panggung dunia, dan sudah ada keinginan untuk membuat ajang serupa di Indonesia. Saat ada wacana Frankfurt Book Fair (FBF) buat festival konten di Asia Pasifik, kami menyambut dengan sangat baik," tutur Laura Bangun Prinsloo saat jumpa pers virtual, Kamis (22/10/2020).

FBF melalui Frankfurter Buchmesse pun menjadi mitra utama untuk Jakarta Content Week. Tapi situasi tak menentu karena pandemi, membuat rencana berubah.

"Kami sudah merencanakan untuk membuat festival konten kreatif terbesar dan digelar di Istora Senayan, tapi beberapa bulan lalu kami memutuskan untuk virtual di website https://jaktent.com/," sambung Laura.

Melalui Jakarta Content Week, Laura melanjutkan festival ini ingin membangkitkan industri kreatif Indonesia untuk tampil di panggung dunia. Pihaknya sudah merencanakan sampai dua tahun berikutnya.

Jakarta Content Week 2020 Digelar 11-15 November 2020Jakarta Content Week 2020 Digelar 11-15 November 2020 Foto: Jakarta Content Week/ Istimewa

"Tahun ini baru sebagai awal dari ajang yang lebih besar lagi di tahun-tahun berikutnya," tuturnya.

Konten Manager Jakarta Content Week, David Irianto, mengatakan acara ini menjadi virtual terbesar di Indonesia sejak pandemi mewabah. Ada 140 kegiatan dari 300 narasumber yang mengisi festival selama tiga hari.

Dari 140 kegiatan sesi, ada yang gratis untuk masyarakat umum tapi ada juga yang berbayar.

"Dari banyak program juga banyak yang sifatnya orientasinya ke bisnis. Ada masterclass, networking, dan program yang lebih mendalam. Sekitar 80-an sesi itu tersedia gratis buat publik," lanjutnya.

Jakarta Content Week menghadirkan 7 acara, di antaranya adalah LitBeat untuk konferensi interaktif, LitFest untuk acara-acara sastra, LitFilm, LitTrade mengajak pelaku seni untuk berjejaring, LitMarket sebagai lokapasar bagi dunia IP, film, dan konten kreatif, LitBite tempat industri kuliner, dan Cosplay Festival.



Simak Video "Kai Bicara soal Dukungan Baekhyun dan Taemin SHINee"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)