RIP JK Rowling Trending, Mengenal Angsuran ke-5 Novel Cormoran Strike

Tia Agnes - detikHot
Selasa, 15 Sep 2020 11:05 WIB
JK Rowling
JK Rowling Foto: Facebook JK Rowling
Jakarta -

Tagar RIP JK Rowling menjadi trending dan viral nomor satu di Twitter Indonesia. Pembaca setia JK Rowling dari seluruh dunia mencuitkan tagar RIP JK Rowling yang diikuti fans Indonesia gegara novel kelima angsuran detektif Cormoran Strike.

Hari ini pada 15 September 2020, JK Rowling atau Robert Galbraith merilis novel kelima yang diberi judul Troubled Blood. Novelnya sudah dinantikan sejak tahun lalu.

Di novel Troubled Blood, ada satu karakter yang diceritakan adalah seorang pembunuh. Pria itu mengenakan gaun lalu membunuh seorang perempuan.

Ia menggambarkan karakter itu sebagai orang yang tidak stabil dan agresif. Dilansir dari review Telegraph, buku kelima itu menyelidiki kasus dingin hilangnya GP Margot Bamborough pada 1974 yang diduga menjadi korban Dennis Creed seorang transgender sekaligus pembunuh berantai.

"Orang bertanya-tanya apa yang akan ditulis oleh kritikus soal sikap JK Rowling tentang masalah transgender terhadap buku yang tampaknya bermoral: jangan pernah memercayai pria berpakaian," tulis review di Telegraph.

Beberapa bulan belakangan, JK Rowling terlibat kontroversi karena cuitan antitransgender yang membuatnya dikecam oleh komunitas LGBTQ dan aktivis HAM.

Ia mengatakan perempuan transgender bukanlah seorang perempuan sejati karena tidak mengalami masa menstrausi. Cuitan itu viral dan JK Rowling tetap bersikukuh pada pendiriannya.

Dalam seri Cormoran Strike, JK Rowling menggambarkan tentang petualangan detektif Strike dan asistennya Robin. Mereka mencoba menyelesaikan berbagai kasus kriminal yang tak terungkap oleh kepolisian setempat.

Hubungan antara Strike dan Robin menjadi greget ketika kedekatan mereka tak sekadar seorang detektif dan asisten.

Bocoran mengenai angsuran kelima dan judul sudah terungkap sejak Februari. Saat itu, akun resmi Twitter @RobertGalbraith membocorkan trailer dalam video pendek.

Dalam teaser yang diunggah, video pendek bertuliskan hastag Troubled Blood yang menjadi judul novel kelima memperlihatkan beberapa simbol. Ada simbol IX dan dua simbol lainnya yang belum diketahui angkanya.

Dalam video, juga tampak hujan deras membasahi simbol-simbol yang tampaknya ada di jam dinding tersebut.

Sampul angsuran kelima Cormoran Strike juga dipercaya akan mengungkap petunjuk tentang peristiwa-peristiwa penting yang terjadi ke depannya.

Sebelum menerbitkan novel kelima Troubled Blood, JK Rowling merilis seri pertama yang diberi judul The Cuckoo's Calling pada 2003. Diikuti oleh novel The Silkworm setahun berikutnya.

Pada 2015, novel Career of Evil pun terbit dan Lethal White rilis di penghujung tahun 2018.



Simak Video "Di Balik RIP JK Rowling yang Bergema di Medsos"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)