detikHot

book

Sapardi Djoko Damono Meninggal, Jokowi Kirim Karangan Bunga

Minggu, 19 Jul 2020 13:50 WIB Febriyantino Nur Pratama - detikHot
Sapardi Djoko Damono Foto: @sastragpu/ Sapardi Djoko Damono
Jakarta -

Maestro sastra Indonesia Sapardi Djoko Damono meninggal dunia pada Minggu (19/7/2020) pagi. Sederet karangan bunga berdiri di depan rumah duka dan salah satunya dari Presiden RI Joko Widodo.

Presiden Joko Widodo menyampaikan rasa belasungkawanya lewat karangan bunga tersebut.

"Turut berduka cita atas wafatnya Bpk. Sapardi Djoko Damono. Presiden Joko Widodo & KLG," demikian tertulis di karangan bunga yang bernuansa kuning, hitam dan putih.

Karangan bunga tersebut tiba sekitar pukul 13:00 WIB siang di rumah duka di kompleks Dosen UI di Ciputat, Tangerang Selatan. Saat ini kondisi rumah duka sendiri tidak terlalu dipenuhi oleh pelayat.

Karangan bunga dari Presiden Joko Widodo untuk Sapardi Djoko DamonoKarangan bunga dari Presiden Joko Widodo untuk Sapardi Djoko Damono Foto: Febri/detikcom

Sesuai dengan keterangan dari pihak keluarga yang diwakili Tatyana Soebiyanto, diberlakukan protokol COVID-19 di rumah duka. Sehingga jumlah pelayat pun akan dibatasi.

Tidak hanya di rumah duka. Protokol COVID-19 juga akan diberlakukan di proses pemakaman. Tatyana menjelaskan bahwa hanya akan ada 15 orang saja yang akan mengurusi pemakaman di Taman Pemakaman Bukan Umum (TPBU) Giri Tama, Bogor, setelah salat asar nanti.

Sapardi Djoko Damono meninggal di usia senja 80 tahun. Pihak keluarga menyebutkan bahwa sang sastrawan memang mengalami sakit selama beberapa waktu terakhir.

Semasa hidupnya, deretan karya dan prestasi sudah dibuat oleh Sapardi. Dia juga dikenal sebagai pengajar di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia sebelum akhirnya pensiun dan lanjut menulis.


(aay/aay)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com