detikHot

book

Sampai Berjumpa Lagi, Album Donal Bebek Berakhir Hari Ini

Senin, 29 Jun 2020 11:47 WIB Tia Agnes - detikHot
Komik Album Donal Bebek Foto: Album Donal Bebek/ Istimewa
Jakarta -

Riuh ucapan netizen yang sedih akan kepergian komik Album Donal Bebek menggema di linimasa Twitter. Sebagian besar pembaca setia Donal Bebek Cs itu mengucapkan duka akan edisi komik terbitan Kompas Gramedia yang berakhir hari ini.

Edisi ke-2019 yang rilis hari ini menjadi komik terakhir yang terbit di Indonesia. Setelah 44 tahun bertualang di Tanah Air, teman-teman Donal Bebek harus mengucapkan kata perpisahan.

Di Indonesia, komik Album Donal Bebek diterbitkan oleh PT Penerbitan Sarana Bobo. Dahulu, penerbitnya berada di bawah naungan Kelompok Majalah (kini bernama Grid Network) Kompas Gramedia yang memegang hak cipta tersebut.

Album Donal Bebek rilis perdana sejak tahun 1976 di Indonesia. Awalnya lahir dari lembaran perkenalan, Album Donal Bebek hadir dua minggu sekali setiap tanggal 10 dan 25 per bulan.



Album Donal Bebek edisi 2019 menampilkan kata perpisahan yang di-bold dan berada di bagian paling atas 'Sampai Berjumpa Lagi'. Sampulnya menampilkan Donal Bebek berada di dalam koper sedang bersantai dan memegang es krim.

Si Donal juga tampak semringah tertawa dan minum jus jeruk yang ditaruh di sampingnya. Pemandangan belakang komiknya, menampilkan suasana pantai dengan langit biru yang cerah.

Komik Album Donal BebekKomik Album Donal Bebek Foto: Album Donal Bebek/ Istimewa



Dibanderol dengan harga Rp 17.500, Album Donal Bebek diumumkan berpisah sejak pekan lalu. Saat itu, netizen juga sedih dengan kabar tersebut.

"Pada tanggal 5 Juni 1976 ALBUM DONAL BEBEK hadir pertama kali di Bumi Indonesia, menghibur semua penggemarnya. Nama-nama tokoh yang sudah khas Indonesia itu begitu akrab di telinga para Disney Mania dari Sabang sampai Merauke. Hari Senin, adalah hari terbit Album Komik Disney yang selalu dinanti penggemarnya," tulis keterangan yang kini menjadi bagian belakang sampul Album Donal Bebek, seperti dilihat detikcom.

Komik Album Donal BebekKomik Album Donal Bebek Foto: Album Donal Bebek/ Istimewa



Keputusan memberhentikan Album Donal Bebek menjadi akhir yang pilu bagi pembaca setia karakter-karakter Disney tersebut.

"Sedih, kecewa, sudah pasti dirasakan oleh seluruh pembaca setia. Tapi inilah garis kehidupan album petualangan keluarga bebek berbaju di tanah air kita. Jika ada pertemuan, pasti ada perpisahan," sambung redaksi penerbit.

Akhir dari Album Donal Bebek ternyata diburu fans. Baru sejam yang lalu dipublikasikan di akun Instagram @gramedia.com, produknya sudah tidak tersedia.

"Berburu album donal bebek edisi terakhir. Di gramedia ga ada, info guise beli dimana :')," tulis seorang netizen.




Simak Video "Seolhyun 'AOA' Diminta Cabut Dari TV Drama Terbarunya"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com