Komik Album Donal Bebek yang Terbit di Indonesia Berakhir Pilu

Tia Agnes - detikHot
Senin, 22 Jun 2020 10:48 WIB
Komik Album Donal Bebek
Foto: Gramedia/ Istimewa
Jakarta -

Dunia maya tiba-tiba saja dihebohkan dengan kabar pilu dari komik Album Donal Bebek, akhir pekan lalu. Bagi kamu yang masa kecilnya dipenuhi oleh karakter Disney yang menggemaskan pasti ingat dengan si Donal Bebek hingga Paman Gober.

Ya, cerita Donal Bebek yang diterbitkan oleh Kelompok Kompas Gramedia sejak tahun 1976 terpaksa berhenti terbit. Di Indonesia, komik berjudul Album Donal Bebek menceritakan tentang berbagai kisah tentang Donal Bebek dan tokoh-tokoh Disney lainnya.

Setiap pekan, komiknya terbit mingguan dalam bentuk majalah. Bermula dari halaman hitam-putih, komik Album Donal Bebek akhirnya rilis berwarna.

Menjadi komik terpopuler, setiap majalah memuat berbagai cerita dari karakter yang berbeda. Di antaranya adalah Donal Bebek, Miki Tikus, Agus Angsa, Kwik, Kwek, dan Kwak, Berandal, Gober Bebebk, Lang Ling Lung, Nenek Bebek hingga Gufi.



Akhir pilu dari Album Donal Bebek berawal dari seorang netizen @sinemagerbanget yang posting poster ucapan perpisahan dari redaksi penerbit.

"Pada tanggal 5 Juni 1976 ALBUM DONAL BEBEK hadir pertama kali di Bumi Indonesia, menghibur semua penggemarnya," tulis poster yang tersebar di media sosial, seperti dilihat detikcom, Senin (22/6/2020).

"Nama-nama tokoh yang sudah khas Indonesia itu begitu akrab di telinga para Disney Mania dari Sabang sampai Merauke. Hari Senin, adalah hari terbit Album Komik Disney yang selalu dinanti penggemarnya," tulis penerbit lagi.





Pada 29 Juni 2020 di nomor edisi ke-2019 jadi edisi terakhir dari Album Donal Bebek. Selanjutnya, komik Disney tidak akan terbit lagi.

"Sedih, kecewa, sudah pasti dirasakan oleh seluruh pembaca setia. Tapi inilah garis kehidupan album petualangan keluarga bebek berbaju di tanah air kita. Jika ada pertemuan, pasti ada perpisahan," sambung redaksi penerbit.

Ratusan komentar dan retweet menghiasi unggahan dari netizen tersebut.

"Terima kasih telah menjadi majalah yang kutunggu setiap hari seninnya saat SD," tulis seorang netizen.



Simak Video "Intip Jadwal Tayang Deretan Serial Terbaru Disney+ Hotstar"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)