Ini Bocoran Sampul Buku Baru Djenar Maesa Ayu 'Mereka Bilang, Saya Monyet!'

Tia Agnes - detikHot
Rabu, 10 Jun 2020 14:46 WIB
Buku Kumpulan Cerpen Djenar Maesa Ayu Mereka Bilang, Saya Monyet!
Foto: GPU/ Istimewa
Jakarta -

Penerbit Gramedia Pustaka Utama mengumumkan segera mencetak ulang buku kumpulan cerpen 'Mereka Bilang, Saya Monyet!' karya Djenar Maesa Ayu.

Buku yang rilis pada 2002 itu melambungkan nama Djenar Maesa Ayu. Nama Djenar terus melekat di industri penerbitan Tanah Air yang dikenal dengan sebutan sastrawan sastrawangi.

"Buku pertama Djenar Maesa Ayu yang terbit pada 2002 ini akan dicetak ulang dengan sampul baru karya @sukutangan ✨ Akan tersedia juga versi ebooknya. Kapan? Tunggu waktu terbitnya, ya," tulis @sastragpu, seperti dilihat detikcom, Rabu (10/6/2020).



Kumpulan cerpen 'Mereka Bilang, Saya Monyet!' memuat cerita bertemakan kisah yang berani, cara bercerita yang lugas, dan eksploratif mendapat pujian dari kritikus.

Di dalam cerpen 'Wong Asu' hanya menampilkan dialog saja. Penggunaan metafora yang unik bisa dibaca pada cerpen "Durian". Cerpen 'Waktu Nayla' menjadi Cerpen Terbaik Kompas 2003.

Editor Sastra GPU, Mirna Yulistianti, mengatakan ada beberapa alasan penerbit yang membuat buku kumcer 'Mereka Bilang, Saya Monyet!' dicetak ulang.

"Karena buku ini terus diinginkan pembaca, menyuarakan pembelaan terhadap perempuan, awareness atas represi terhadap perempuan, soal ketidakseimbangan patriarki, dan sistem kelas di masyarakat terutama masyarakat Indonesia," kata Mirna saat Live IG GPU, seperti dikutip detikcom.



Simak Video "Badai Romantic Project Diselingkuhin di Lagu Terbarunya 'Jahat'"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)