detikHot

book

Dee Lestari Yakini Filosofi Kaizen Sebagai Prinsip Menulis

Sabtu, 25 Apr 2020 13:30 WIB Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Penulis Dee Lestari di London Book Fair 2019 Foto: Ken Yunita/ detikHOT
Jakarta -

Dee Lestari sedang membuka pendaftaran batch kedua kelas menulis daring. Kelas yang disebut sebagai Kaizen Writing Workshop diambil dari filosofi Jepang bernama kaizen.

Apa sih arti Kaizen? Ketika wawancara Live IG bersama detikcom, Dee Lestari menjelaskan 'kaizen' adalah filosofi yang populer di Jepang dan banyak diterapkan di berbagai bidang inndustri.

"Sederhananya perubahan menuju arah yang lebih baik lagi. Perubahan dalam 'kaizen' itu ciri khasnya adalah perubahan kecil-kecil tapi berkesinambungan," tutur Dee Lestari.

Perubahan tersebut dilakukan terus menerus sampai lebih efektif, efisien, dan optimal lagi. "Perbaikan kecil itu harus rajin dan konsisten," katanya.

Novelis 'Supernova' pun memilih kaizen sebagai prinsip menulis. Menurutnya, dalam menulis tak ada jalan pintas dan harus meningkatkan jam terbang.

Pendaftaran batch kedua untuk modul satuan sudah dibuka sejak Jumat (24/4). Hari ini mulai pukul 10.00 WIB, batch kedua untuk tiga modul sekaligus dibuka.

Tiga modul tersebut adalah 'Ide Menjadi Karya: Memahami Ide dan Struktur Kerja', 'Seni Bercerita: Menghidupkan Cerita & Karakter', dan Sentuhan Profesional: Riset, Swasunting & Disiplin Kaizen'.

Batch kedua bakal digelar pada 12 Mei, 14 Mei, dan 16 Mei, sesuai dengan masing-masing modul yang telah disiapkan. Bagi kamu yang ingin mengikuti kelas, bisa mendaftar di link berikut ini.

[Gambas:Instagram]




(tia/aay)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com