Mengapa Banyak Orang Unduh Buku Pdf atau e-Book Ilegal?

Tia Agnes - detikHot
Kamis, 23 Apr 2020 09:25 WIB
Ilustrasi Hari Buku Sedunia/ Nasional
Foto: Istimewa
Jakarta -

Di masa bekerja, sekolah, dan beribadah di rumah, banyak waktu luang yang bisa dimanfaatkan dengan berbagai aktivitas. Membaca menjadi salah satu pilihan.

Tapi tak banyak yang mengetahui mengunduh buku Pdf atau e-Book secara tak resmi melalui link-link unduhan yang bertebaran di dunia maya adalah ilegal. Hal itu yang terjadi di kondisi belakangan ini.

Marchella FP adalah salah satu penulis yang prihatin dengan bertebarannya e-Book ilegal. Menurut penulis 'Nanti Kita Cerita tentang Hari Ini', tindakan itu bisa saja tidak sengaja dilakukan.



"Yang aku tangkap banyakan dari mereka nggak paham. Nggak sengaja melakukan itu, nggak paham kalau itu ilegal dan melanggar hak cipta," tutur Marchella FP, ketika diwawancarai detikcom, belum lama ini.

Meski nilai positif dari tindakan tersebut adalah daya minat baca yang tinggi, Marchella FP tetap menyayangkan hal tersebut. "Aku ngambilnya nggak secara emosional ya, tapi ambil pemahaman soal IP atau hak cipta," ungkapnya.



Rintik Sedu atau Nadhifa Allya Tsana juga salah satu penulis yang geram dengan tingkah orang-orang yang mengunduh e-Book ilegal.

"Salah satu yang bikin aku kaget kok sekarang mereka mengatasnamakan amanah dari penulisnya untuk menemani saat Work From Home (WFH), entah sumber dari mana," tuturnya.

"Kesannya kegiatan ini sampai disebar grup dengan perintah dari penulis atau penerbitnya langsung, padahal aku juga baru tahu karena itu," sambung Tsana.



Kedua penulis tersebut pun berpendapat di masa sekarang ini yang harus dilakukan adalah saling mengingatkan dan mengedukasi. Cara mengunduh e-Book resmi adalah melalui Google Play Store di aplikasi penerbit resmi dan situs iPerpusnas milik Perpustakaa Nasional Republik Indonesia.

Bertepatan dengan Hari Buku Sedunia, Live IG akun @detikcom pukul 15.00 WIB menghadirkan narasumber Dee Lestari. Tonton di akun Instagram @detikcom.



Simak Video "Kata Dee Lestari Soal e-Book Ilegal di Tengah Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)