Batal Digelar, Banyak Penerbit di Seluruh Dunia Mundur dari LBF 2020

Tia Agnes - detikHot
Kamis, 05 Mar 2020 14:09 WIB
LONDON, ENGLAND - APRIL 12:  General view of the London Book Fair 2016 at Olympia Exhibition Centre on April 12, 2016 in London, England.  (Photo by David Levenson/Getty Images)
Foto: Getty Images
Jakarta -

Menyebarnya virus corona di Inggris membuat penyelenggara London Book Fair (LBF) 2020 memutuskan untuk membatalkan. Para penerbit sebelumnya juga menarik diri dari pameran buku terbesar di dunia tersebut.

Di antaranya adalah penerbit Hachette, HarperCollins, dan Simon&Schuster. Mereka menarik diri sebelum adanya keputusan pembatalan penyelenggaraan.

Amazon juga menarik diri sejak awal pekan ini. Dilansir dari BBC, pihak Amazon memutuskan tidak mengikuti karena khawatir akan kesehatan dan keselamatan karyawan, pelanggan, dan mitra Amazon.



"Dengan rasa yang tidak enak, kami mengambil keputusan untuk tidak melanjutkan acara tahun ini," tulis pernyataan penyelenggara London Book Fair, Reed Exhibitions.

Reed Exhibitions mengatakan banyak peserta pameran mendapatkan pembatasan perjalanan menjelang acara tahun ini. Penyelenggara berjanji akan hadir lebih baik lagi dari tahun-tahun sebelumnya.

"London Book Fair akan kembali lagi di tahun 2021," tulis Reed Exhibitions.

Paviliun Indonesia semula bakal mengikuti kembali London Book Fair dan memajang ratusan judul buku karya penulis Tanah Air. Pada 2019, Indonesia menjadi fokus pasar di ajang bergengsi industri perbukuan tersebut.



Simak Video "Tips Aman Berkegiatan Sehari-hari Agar Bebas Virus Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)