detikHot

book

Kisah di Balik Louisa May Alcott Tulis 'Little Women'

Jumat, 07 Feb 2020 15:27 WIB Tia Agnes - detikHot
Novel Little Women Foto: GPU/ Istimewa
Jakarta -

Film 'Little Women' yang disutradarai Greta Gerwig dinominasikan di ajang Oscar 2020. Film yang diadaptasi dari novel karya Louisa May Alcott ini masuk di enam kategori termasuk Best Picture.

Novel klasik 'Little Women' punya sejarah panjang dari dunia sastra dunia. Karya novelis sekaligus penyair asal Amerika Serikat itu menceritakan tentang kehidupan empat saudara perempuan tinggal di dalam sebuah keluarga demokratis.

Di balik kepopuleran 'Little Women' sebenarnya ada cerita tersendiri. Pada 1867, editor penerbit bernama Thomas Niles bertanya pada Louisa apakah ia punya naskah untuk pembaca perempuan.

Kisah di Balik Louisa May Alcott Tulis 'Little Women'Kisah di Balik Louisa May Alcott Tulis 'Little Women' Foto: imdb.



Meski ia bersemangat terhadap proyek tersebut, namun Louisa menegaskan tak ingin menulis novel dengan segmentasi pembaca perempuan. Setahun berikutnya, ayah Louisa menyerahkan naskah filsafat kepada penerbit tersebut.

Editor memberitahukan ayah Louisa untuk membujuk putrinya menuliskan tentang novel perempuan. Kalau ayah Louisa bisa membuat Louisa menuliskan novel itu, maka penerbit akan merilis manuskrip filsafat ayahnya.

Louisa May Alcott yang mendengar penjelasan ayahnya akhirnya memutuskan untuk menulis novel. Ia ingin membantu karier menulis sang ayah.

Novel 'Little Women' pun rilis perdana pada September 1868. Bagian keduanya terbit setahun berikutnya. Louisa pun menuliskan cerita sekuel yang diberi judul 'Little Men' (1971) dan 'Jo's Boys' (1886).




Simak Video "Isi Goodie Bag Nominee Oscar 2020 yang Bernilai Miliaran"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com