detikHot

book

Oprah Winfrey 'Diserang' 82 Penulis Gegara Novel 'American Dirt'

Senin, 03 Feb 2020 11:20 WIB Tia Agnes - detikHot
Oprah Winfrey Foto: iStock
Jakarta -

Novel 'American Dirt' karya Jeanine Cummins menuai kontroversi. Oprah Winfrey, salah satu seleb yang mendukung penerbitan novel itu, kini 'diserang' 82 penulis.

Dalam surat terbuka yang beredar, 82 penulis yang bergabung mengirim pesan pada Oprah Winfrey. Mereka meminta Oprah untuk menurunkan rekomendasi 'American Dirt' di dalam grup buku yang didirikannya.

Para penulis juga menuturkan novel 'American Dirt' punya masalah besar. Apa kata mereka?

"Seperti yang banyak pembaca ketahui, ada banyak protes terkait novel 'American Dirt'. Termasuk penulis dan pemikir dari Amerika Latin tentang kerumitan kisah imigrasi dan banyaknya kekeliruan data yang ada di dalam novel," tulis surat terbuka, seperti yang dilansir dari berbagai sumber, Senin (3/2/2020).



Buku 'American Dirt' juga dianggap terlalu eksploitatif dan kurang informasi. Karangan Jeanine Cummins juga terlalu mengeksplorasi trauma dan budaya Meksiko secara berlebihan.

Dalam sebuah pernyataan seperti dilansir dari LA Times, pihak penerbit mengatakan novelnya berusaha mengungkap cerita para migran.

"Kami dengan cermat mendengarkan percakapan yang terjadi di sekitar novel. Novel 'American Dirt' mengajukan pertanyaan, 'Seberapa jauh seorang ibu akan pergi untuk melindungi putranya'. Karyanya juga berusaha berempati dengan sesama manusia yang berjuang untuk menemukan keselamatan di dunia yang tidak aman," ungkap pihak penerbit.




Simak Video "Momen Kedekatan Nelson Mandela dan Para Selebriti"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/imk)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com