detikHot

book

Andrea Hirata Batasi Jumpa Pembaca Usai Rilis 12 Novel, Mengapa?

Senin, 03 Feb 2020 10:54 WIB Tia Agnes - detikHot
Andrea Hirata Foto: Andrea Hirata (Foto: Tia Agnes)
Jakarta -

Penulis 'Laskar Pelangi', Andrea Hirata, sukses meluncurkan novel terbaru 'Guru Aini'. Setelah perilisan karya ke-12 tersebut, Andrea mengatakan akan membatasi acara jumpa pembaca maupun media di acara berikutnya.

"Insyaallah ini yang terakhir. Bukan tidak mau bertemu dengan teman-teman dan pembaca lagi, kan sudah 16 tahun berkarya dengan 1.000 lebih event. Kalau diundang festival buku bisa 6 event," tutur Andrea Hirata saat ditemui di kawasan Kemang, Jakarta Selatan.



"Bukan tak sayang, tapi saya mau pulang kampung," tegas Andrea.

Tapi, ia berjanji akan tetap memberi kabar kepada pembaca dan media-media jika ada karya terbaru. "Peluncuran seperti ini mungkin yang terakhir. Penerbit yang akan kirim press release dan novel ke teman-teman media, karena sudah keseringan juga," ucapnya.

Sukses lewat novel 'Laskar Pelangi' dan merilis 12 novel, Andrea tak akan berhenti menulis. Ia menuturkan masih banyak ide yang ingin dituliskan. Salah satunya dari semesta 'Laskar Pelangi'.

"Saya tidak pernah didorong oleh pasar atau pembaca. Ketika penerimaannya bagus, alhamdulillah. Tidak pernah termotivasi juga soal penjualan buku. Naskah tentang Harun dan Mahar juga sudah sampai ke penerbit, tinggal terbit," pungkasnya.




Simak Video "Andrea Hirata Sering Ditawari Miliaran Rupiah untuk Filmkan Novelnya"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/imk)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com