Jadi Viral, Komikus Jepang Bongkar Penderitaan Muslim Uighur via Komik

Tia Agnes - detikHot
Minggu, 29 Des 2019 09:47 WIB
Foto: Komik Uighur / ist
Jakarta - Seorang komikus Jepang, Tomomi Shimizu, membuat komik Jepang tentang penderitaan kaum minoritas muslim Uighur lewat sebuah komik. Karyanya itu tiba-tiba saja menjadi viral di jagat maya dan dibaca lebih dari 330 ribu kali secara online.

Tak cuma itu saja, manga 'What Has Happened to Me' juga diterjemahkan ke dalam 10 bahasa. Termasuk bahasa Mandarin, Uighur, dan Inggris.

Ia membuat gambar hitam putih yang membongkar penderitaan dari kaum muslim Uighur. Alkisah, seorang perempuan Uighur bernama Mihrigul Tursun yang sekarang tinggal di Amerika membuat pengakuan mengejutkan pada dunia.

Perempuan itu mengaku dipukuli dan ditahan di Tiongkok karena menjadi seorang Uighur. Permasalahan isu muslim Uighur telah menjadi momok di negara Asia dan Barat.

"Masalah muslim Uighur telah dikenal oleh mereka yang terjun ke politik. Tapi jarang ada masyarakat umum yang mengetahuinya. Saya memutuskan menggunakan manga untuk menyuarakan isu muslim Uighur," katanya dilansir dari Reuters, Minggu (29/12/2019).

Menurutnya, komik adalah kekuatan universal untuk menyampaikan sesuatu dengan cara yang mudah dipahami. Sebelumnya, ia pernah menyampai kritik terhadap sayap kanan politik Jepang juga lewat komik.

Pemberitaan mengenai muslim Uighur menyebar setelah kabar ada 1 juta sampai 2 juta orang Uighur yang ditahan di wilayah Xinjiang di barat laut China. Penahanan mereka merupakan kebijakan Beijing soal kampanye anti terorisme dan Xinjiang dianggap menghadapi ancaman separatis Islamis.

Simak Video "Naruto Dikabarkan Mati, Meme Yasinan Ramaikan Medsos"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/kmb)