detikHot

book

Peter Handke Terima Nobel Sastra 2019 di Tengah Protes Isu Genosida

Rabu, 11 Des 2019 11:26 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Nobel Media. Photo: Alexander Mahmoud
Jakarta - Penulis asal Austria, Peter Handke, menerima anugerah Nobel Sastra 2019 pada Selasa (10/12) malam. Di tengah kritik dan protes tentang isu genosida, ia menerima Hadiah Nobel bersama pemenang lainnya di bidang kimia, kedokteran, fisika, dan ekonomi.

Mereka menerima hadiah dari Raja Swedia dala upacara mewah di Stockholm Concert Hall, Swedia. Akademi Swedia sebagai penyelenggara Nobel Sastra memilih Peter Handke sebagai peraih Nobel Sastra 2019.

Pilihan tersebut banyak dikritik karena novelis dan penulis naskah itu pernah berbicara di pemakaman Milosevic pada 2006. Ia juga terang-terangan menyatakan dukungannya pada kepemimpinan Milosevic atas kejahatan perang yang dilakukannya.



Di luar gedung penganugerahan, demonstran yang menolak terpilihnya Peter Handke terus melakukan unjuk rasa. Protes itu pun terjadi di situs change.org, ada 6.000 orang yang menandatangani penolakan.

Duta Besar Albania, Bosnia, Kroasia, Kosovo, dan Turki pun memboikot pemilihan Peter Handke dan memboikot upcara.

"Hari ini adalah hari yang memalukan, itu menunjukkan Eropa punya amnesia atas apa yang terjadi di Kosovo, Bosnia, dan Kroasia," ungkap Menteri Luar Negeri Kosovo, Behgjet Pacolli di akun Twitter pribadinya.

Sebelumnya Presiden Turki, Tayyip Erdogan pun menuduh Akademi Swedia telah melakukan pelanggaran HAM dengan memberikan Hadiah Nobel Sastra pada Peter Handke.




Simak Video "Peter Handke Pemenang Nobel 2019"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com