detikHot

book

Cak Nun Segera Rilis Karya Terbaru 'Sinau Bareng Markesot'

Kamis, 14 Nov 2019 16:28 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Bentang Pustaka/ Istimewa Foto: Bentang Pustaka/ Istimewa
Jakarta - Penerbit Bentang Pustaka mengumumkan segera merilis karya terbaru dari Emha Ainun Nadjib atau akrab dikenal Cak Nun. Buku berjudul 'Sinau Bareng Markesot' bakal menyusul kesuksesan serial sebelumnya 'Markesot Belajar Ngaji' dan 'Siapa Sebenarnya Markesot?'.

'Sinau Bareng Markesot' mengungkapkan penafsiran ayat Al-Quran yang punya dimensi kontekstual di tiap esai-esai yang ditulisnya. Ada 5 bagian yang terdiri dari 113 esai yang ada di dalam buku.

Tak hanya soal agama, 'Sinau Bareng Markesot' memuat tafsiran Mbah Sot--sapaan akrab Markesot, tokoh sentral dalam buku ini. Yakni tentang kepemimpinan, pendidikan, budaya, Pancasila, dan kemanusiaan.


Cak Nun Segera Rilis Karya Terbaru 'Sinau Bareng Markesot'Foto: Bentang Pustaka/ Istimewa


"Lewat esai pendeknya, para pembaca akan dibuat terpesona oleh gaya kepenulisan Emha yang artikulatif, blak-blakan, dan mudah dimengerti. Seolah, tafsir ayat Al-Quran menjadi begitu menyenangkan tanpa harus repot-repot mengerutkan kening," tulis Bentang Pustaka dalam siaran pers yang diterima, Kamis (14/11/2019).

Berbeda dari dua serial Markesot sebelumnya, buku ini fokus pada metode tadabur. Menurut Emha, 'tadabur' adalah proses yang sangat berdimensi dengan moral, spiritual, dan melebihi intelektual.

"Tadabur menyaratkan bahwa kesudahannya lebih berkecenderungan terhadap Allah. Misalnya menjadi lebih dekat, lebih beriman, meningkat akhlaqul-karimah-nya, lebih baik hidupnya, lebih saleh perilakunya," kata Cak Nun.




Simak Video "MUI Haramkan Golput, Begini Tanggapan Cak Nun"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/nu2)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com