detikHot

book

UWRF 2019 Beri Ruang pada Penulis dan Seniman Bali

Rabu, 23 Okt 2019 14:21 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: UWRF/ Istimewa Foto: UWRF/ Istimewa
Jakarta - Ubud Writers and Readers Festival (UWRF) akan dibuka hari ini di Ubud, Bali. Festival sastra yang mencapai usia ke-16 itu memberi ruang pada penulis, sastrawan, dan seniman-seniman dari Pulau Dewata.

Dalam siaran pers yang diterima detikcom, seperti tahun-tahun sebelumnya, UWRF selalu melibatkan seniman lokal dalam setiap programnya. Selain Debby Lukito Goeyardi dan IGA Darma Putra, UWRF menghadirkan penulis dan pelaku industri kreatif lainnya.

Di antaranya Agung Suryawan Wiranatha, I Ketut Sandika, I Made Iwan Darmawan, Putu Supartika, I Wayan Rai, I Wayan Juniarta, Kadek Sonia Piscayanti, Ketut Yuliarsa, Made Taro, Marlowe Bandem, Marmar Herayukti, Nirarta Samadhi, Prabu Darmayasa, Putu Fajar Arcana, Rio Helmi, Rudi Waisnawa, Saras Dewi, dan Valiant Budi.



Sama halnya dengan ruang bagi penulis lokal, UWRF juga menghadirkan beberapa panel diskusi yang berkaitan dengan Bali. Seperti 'Bali's Art Activist' bersama para pegiat seni Bali, 'How Can Bali Survive?' yang membahas langkah-langkah untuk bertahan dari perubahan sosial, budaya, dan ekologis yang masif di Bali. Serta 'Bali's Poet Priests' yang merefleksikan pengaruh dan peninggalan para kawi-wiku (penyair-pendeta), terutama dalam penggunaan sastra sebagai media untuk mengasah pikiran dan menenangkan jiwa.

Pendongeng legendaris asal Bali yang telah berkarya selama hampir empat dekade, Made Taro, dalam 'Made Taro: A Lifetime of Storytelling' yang dijadwalkan pada Minggu (27/10/2019).

Mengangkat tema 'Karma', UWRF 2019 menghadirkan lebih dari 180 pembicara dari 30 negara dan lebih dari 170 program mulai dari panel diskusi, lokakarya, acara spesial, pemutaran film, peluncuran buku, pameran seni, dan masih banyak lagi. UWRF 2019 berlangsung mulai hari ini sampai 27 Oktober 2019.



Simak Video "Pria Pencuri Motor Baim Wong Dulunya Seorang Preman"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/wes)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com