detikHot

book

Oppie Andaresta Bermusikalisasi Puisi Jokpin di Frankfurt Book Fair

Senin, 21 Okt 2019 11:55 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Komite Buku Nasional/ Istimewa Foto: Komite Buku Nasional/ Istimewa
Jakarta - Oppie Andaresta menjadi salah satu pengisi acara di Frankfurt Book Fair 2019. Penampilan spesial Oppie berkat Paviliun Indonesia yang hadir kembali di pameran industri dagang buku terbesar di dunia akhir pekan lalu.

Oppie hadir tak sendiri, tapi bersama dua musisi lainnya yakni Windy Setiadi (akordeon) dan Mochamad Yudha Wijaya (gitar). Oppie unjuk gigi di Open Stage Agora di kompleks Messe Frankfurt tempat FBF berlangsung.

Dalam siaran pers yang diterima detikcom, Oppie membawakan 5 lagu dari hasil musikalisasi puisi-puisi penyair Yogyakarta Joko Pinurbo atau akrab disapa Jokpin. Musikalisi puisi itu ada dalam album musik 'Baju Bulan'.

Oppie Andaresta Bermusikalisasi Puisi Jokpin di Frankfurt Book FairFoto: Komite Buku Nasional/ Istimewa

"Ini kali pertama saya hadir di FBF, saya melihat pameran buku ini merupakan peluang untuk menyanyikan lagu-lagu yang ada di dalam album musik 'Baju Bulan' yang rilis tahu lalu," ujar Oppie.

Musikalisasi puisi 'Sajak Balsam Buat Gus Mus', 'Hayo Yogya', 'Kepada Uang', 'Malam Ini Aku Akan Tidur di Matamu', dan 'Baju Bulan' yang dihadirkan Oppie. "Di album ini saya harus bisa menginterpretasikan puisi tersebut ke dalam notasi musik. Sebagai musisi, saya selalu mencari apa lagi yang bisa saya eksplorasi. Ini sebuah tantangan bagi saya untuk membuat musik dari puisi," lanjutnya.

Selain acara yang dihadirkan Oppie, Komite Buku Nasional (KBN) juga menghadirkan 3 penulis Indonesia yang tampil di panggung ASEAN Stage. Mereka adalah Rio Johan, Feby Indirani, dan Diana Rikasari, sejumlah penerbit juga tampil, serta dua ilustrator Indonesia Evelyn Ghozali dan Mohammad 'Emte' Taufiq.



Simak Video "Begini Reaksi Bule di FBF 2017 Makan Tempe dan Rujak"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com