detikHot

book

Akademi Swedia Kekeuh Peter Handke Pemenang Nobel Sastra 2019

Jumat, 18 Okt 2019 11:33 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Getty Images Foto: Getty Images
Jakarta - Pemilihan Peter Handke sebagai peraih Nobel Sastra 2019 menuai kontroversi di dunia termasuk korban selamat dari pembantaian Srebrenica 1995 silam. Namun Akademi Swedia yang memilih peraih Nobel keukeuh pada keputusannya.

Kepala Akademi Swedia, dilansir dari harian lokal Swedia Dagens Nyheter, mengatakan tak ada yang salah dari memilih Peter Handke sebagai pemenang.

"Peter Handke telah membuat komentar yang provokatif, tidak cocok, dan tidak jelas dalam pernyataan politik," ungkap Mats Malm, Kepala Akademi Swedia.



Namun ia kembali menegaskan penulis 'Slow Homecoming' itu belum memicu pertumpahan darah dan jelas-jelas mengutuk pembantaian Srebrenica.

"Akademi belum menemukan apapun dalam tulisannya yang merupakan serangan terhadap masyarakat sipil atau penghormatan terhadap kesetaraan semua orang," tulis Malm lagi.

Akibat terpilihnya Peter Handke sebagai peraih Nobel Sastra 2019, Perdana Menteri Albania Edi Rama, Presiden Kosovo hingga korban selamat peperangan itu mengecam tindakan Nobel Sastra.




Simak Video "Peter Handke Pemenang Nobel 2019"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)

FOKUS BERITA: Peraih Nobel Sastra
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com