detikHot

book

Margaret Atwood dan Bernardine Evaristo Raih Man Booker Prize 2019

Selasa, 15 Okt 2019 15:52 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Man Booker Prize/ Istimewa Foto: Man Booker Prize/ Istimewa
Jakarta - Man Booker Prize 2019 mengumumkan pemenang kategori fiksi. Namun berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, kali ini ada dua pemenang yang diumumkan yakni Margaret Atwood lewat novel 'The Testaments' dan Bernardine Evaristo di novel 'Girl, Woman, Other'.

Evaristo menjadi perempuan kulit hitam pertama yang memenangkan penghargaan sejak awal 1969 silam. Sementara itu, Atwood, 79 tahun merupakan pemenang tertua dan sebelumnya ia mendapat Man Booker Prize pada 2000 silam lewat novel 'The Blind Assassin'.



Ketua tim juri Man Booker Prize 2019, Peter Florence, menuturkan, "Saya pikir selama bertahun-tahun kedua buku ini didengar dengan keras dan mulia di seluruh dunia," katanya dilansir dari EW, Selasa (15/10/2019).

"Kami ingin merayakan keduanya dan tak ingin melepaskan yang lain. Karenanya kami memiliki dua pemenang. Gandakan sukacita. Gandakan kesenangan membaca. Saya tidak pikir salah satu yang terbaik, tapi keduanya terbaik," lanjutnya lagi.

Evaristo dan Atwood mengalahkan 4 rival penulis lainnya. Mereka adalah 'Ducks, Newburyport' karya Lucy Ellman, 'Orchestra of Minoritas' karya Chigozie Obioma, '10 Minutes 38 Seconds in This Strange World' karya Elif Shafak, dan Salman Rushdie lewat novel 'Quichotte'.



Simak Video "Pihak Atta Halilintar Heran Videonya Dituding Melecehkan Salat"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com