detikHot

book

Eka Kurniawan: Ini Momen Tepat untuk Bersuara

Kamis, 10 Okt 2019 20:45 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Tia Agnes/detikHOT Foto: Tia Agnes/detikHOT
Jakarta - Pasca mengunggah pernyataan sikap menolak Anugerah Kebudayaan dan Maestro Seni Tradisi 2019 yang diberikan Kemendikbud, Eka kembali mengklarifikasi hal tersebut. Kepada detikcom, novelis 'Lelaki Harimau' yang mendapat Prince Claus Award dari Kerajaan Belanda akhir tahun lalu membeberkan sikapnya.

Menurut Eka, permasalahan industri buku yang tak kunjung selesai belum ada komitmen penyelesaian yang serius dari pemerintah.

"Saya kira ini adalah momen yang tepat untuk bersuara. Kalau saya tiba-tiba ngomongin sebenarnya saya sering omongin soal pajak buku, pembajakan buku di postingan saya. Atau buku yang dirampas aparat. Saya juga banyak menulis kasus penindasan HAM, penculikan dan lain-lain. Tapi kan ya saya ngomong samar-samar hilang," jelasnya.

Pendapat yang kerap diunggah Eka di status media sosial pun mungkin saja dianggap angin lalu oleh publik. Ibaratnya masuk suara dari telinga kiri lalu keluar ke telinga kanan. Setidaknya, lanjut Eka, ia mencoba untuk bersuara dan berbicara lewat penolakan Anugerah Kebudayaan 2019.



"Syukur-syukur suara kecil ini didengar," tuturnya sembari tertawa.

Eka menerima surat pemberitahuan meraih Anugerah Kebudayaan 2019 sejak dua bulan lalu. Namun baru pada Minggu (6/10/2019) lalu, ia mengirimkan surat penolakan kepada salah satu staf Kemendikbud yang menghubunginya.

Eka pun menunggu respons selama dua hari namun tak ada kabar. Pada Rabu (9/10/2019), dia pun menunggah pernyataan sikap lewat akun Facebook kemudian viral di jagat maya sampai dibagikan ratusan kali oleh pengikutnya.

"Saya berasumsi surat akan dikirim bertahap, saya tidak tahu setelah hari Minggu surat nyampe ke mana. Saya pikir tidak ada konfirmasi surat diterima atau tidak. Saya putuskan untuk menulis di Facebook," tukasnya.




Simak Video "Ternyata Uang Saku Arsy Widianto Cuma Rp 200 Ribu per Hari"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dal)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com