detikHot

book

Tak Hanya Muatan Mistis, Buku Kisah Tanah Jawa Juga Kisahkan Sejarah

Rabu, 02 Okt 2019 14:12 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Asep Syaifullah/detikHOT Foto: Asep Syaifullah/detikHOT
Jakarta - Buku-buku Kisah Tanah Jawa yang beredar mulai awal tahun memuat berbagai hal soal keberadaan para lelembut atau makhluk halus yang ada di tanah Jawa. Tak hanya itu saja, dua bukunya juga memuat sejarah.

"Buku ini berkaitan dengan muatan sejarah, mengingatkan kepada generasi di bawah kita, agar bisa mengingat kembali sejarah bangsanya, seperti kata Bung Karno. Jas Merah, jangan lupakan sejarah," tutur Om Hao, salah satu tim Kisah Tanah Jawa, saat menyambangi kantor detikcom, belum lama ini.



Dia kembali menjelaskan tujuan diterbitkannya buku Kisah Tanah Jawa kepada masyarakat Indonesia. Menurut Om Hao, bangsa yang besar tidak akan bisa berkembang kalau generasi mudanya lupa akan sejarah bangsa.

"Agar bisa lebih jaya lagi. Kalau ngomong sejarah kan kita 'bumbui' lagi nih ceritanya, karena metode kita kan rekognisi untuk melihat ke masa lalu, agar bisa berkesinambungan di masa depan, Kesan magis kita bumbukan di sini (dalam buku). Lebih menarik lah untuk pelajari sejarah," lanjutnya.

Bonaventura Genta juga menambahkan, "Para pembaca agar bisa berkaca dari kehidupan masa lalu, kita bisa belajar banyak pernah ada kehidupan seperti ini. Tokoh seperti kita, kita bicara juga soal budayanya."




Simak Video "Deva Mahenra Percaya Hal Mistis yang Ada di Gunung Merapi"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com