detikHot

book

Begini Identitas Sosok Simpleman Penulis 'KKN Desa Penari'

Rabu, 25 Sep 2019 12:00 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Asep Syaifullah/detikHOT Foto: Asep Syaifullah/detikHOT
Jakarta -

Kisah viral tentang mahasiswa yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di sebuah dusun yang diyakini sebagai desa penari memicu kontroversi. Teka teki mengenai sosok penulis novel 'KKN di Desa Penari', Simpleman, pun menjadi rahasia tersendiri.

Sejak ceritanya diunggah ke Twitter oleh akun anonim @SimpleM81378523, sosok sang penulis tak ada yang bisa menebaknya. Editor Bukune, Muhammad Barkah Winata, yang pernah dua kali menemui sang penulis mengungkap sosok Simpleman.

"Sosok Simpleman ini pernah aku bahas juga di Podcast, kami pernah ketemu di Surabaya. Dia orang yang benar-benar simple, pakai kaos saja, nggak banyak aksesori. Orang yang pada dasarnya simple," tuturnya ketika berbincang dengan detikcom, di kantor kawasan Tendean, Jakarta Selatan, belum lama ini.


Barkah juga menyebut sosok Simpleman adalah seseorang yang teliti khususnya ketika mengecek naskah. "Teliti juga karena saat mengecek naskahnya, berpotensi menjadi penulis sepertinya," lanjut Barkah.

Pria anonim itu disebut Barkah berusia 30 tahun ke bawah dan memiliki aksen dari timur Pulau Jawa. Simpleman juga diyakini Barkah gemar membaca buku karena sang penulis sudah mengerti bagaimana plot cerita dan struktur dalam kepenulisan novel.



"Aku sudah pernah nanya dia suka baca buku George RR Martin dan JK Rowling, bicara banyak soal 'Game of Thrones'. Kalau dari Indonesia yang disukai siapa? Dia bilang Dee Lestari, dia punya semua karyanya, dan menurut dia karyanya Dee beda," tandasnya.




Simak Video "Viral di Media Sosial, 'KKN Desa Penari' Bakal Jadi Novel"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/doc)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com