detikHot

book

Komikus Marvel Buka Suara soal Pelarangan Komik 'Avengers' karena LGBTQ

Selasa, 10 Sep 2019 11:25 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Marvel Comics/ Istimewa Foto: Marvel Comics/ Istimewa
Jakarta - Komik Marvel 'Avengers: The Children's Crusade' terbit perdana 10 tahun yang lalu. Namun baru kali ini komiknya dilarang beredar di Brasil karena memuat unsur LBGTQ dalam salah satu adegan.

Komikus Jim Cheung pun buka suara lewat akun Instagram pribadinya. Ia mengaku terkejut dengan fakta Walikota Rio de Janeiro melarang penjualan komik 'Avengers: The Children's Crusade' tersebut.

"Sekarang saya tidak tahu apa yang mendorong walikota untuk melarang komik yang sudah terbit hampir satu dekade dan sudah dijual selama bertahun-tahun. Tapi saya bisa mengatakan dengan jujur, tidak ada motivasi atau agenda tersembunyi di balik karya tersebut," tulisnya, seperti dikutip detikHOT.



Menurutnya, komik itu memang menargetkan audiens yang unik. Adegan pun hanya menggambarkan momen lembut antar dua karakter yang berbeda dalam hubungan yang mapan.

"Sebagai seorang seniman, hasrat saya adalah untuk bercerita, kisah kepahlawanan besar, belas kasih dan cinta, dengan karakter yang otentik dan beragam. Karakter yang menggambarkan setiap lapisan kehidupan dan warna, apakah itu hitam atau putih, cokelar, kuning, atau hijau," lanjutnya.

"Fakta kalau buku komik ini terbit satu dekade yang lalu, sekarang sedang menjadi sorotan oleh walikota. Komunitas LGBTQ ada di sini untuk tinggal, saya tidak memiliki apa-apa selain cinta dan dukungan bagi mereka yang terus berjuang agar suara didengar. Brasil adalah negara yang beragam dan melalui 'suara' politik ini dapat menempatkan mereka untuk bersatu, bukan benih konflik dan perpecahan," pungkasnya.



Simak Video "Kenalkan Ario Anindito, Komikus Marvel Asli Bandung!"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/nu2)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com