detikHot

book

IIBF 2019 Targetkan 30 Judul Buku Terjual Hak Ciptanya

Senin, 02 Sep 2019 14:02 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Tia Agnes
Jakarta - Indonesia Partnership Program (IPP) menjadi program andalan Indonesia International Book Fair (IIBF) 2019 dan Badan Ekonomi Kreatif. Sebanyak 39 penerbit Indonesia dan mancanegara bakal mengikuti pasar hak cipta di pameran buku yang ke-39 kalinya digelar sejak 1980 silam.

Ketua Umum Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI), Rosidayati Rozalina, menuturkan target untuk IPP adalah 25 sampai 30 judul buku yang terjual. "Tahun lalu kami menjual 26 judul dan rencana tahun ini sampai 30 judul buku," ungkapnya saat jumpa pers di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (2/9/2019).

Menurut data IIBF, bukan hanya 26 judul saja yang terjual tapi juga 105 judul lainnya diminati. Proses transaksi pun masih berjalan sampai setelah acara pameran berakhir.

Negara pembeli dan peminat rights buku-buku Indonesia saat itu adalah Singapira, Malaysia, Inggris, Turki, Sri Lanka, Jepang, Maroko, China, Taiwan, Belanda, dan Korea Selatan.




Sementara peminat yang bakal hadir di pasar hak cipta jual beli buku atau IPP adalah Albania, Australia, Mesir, Amerika Serikat, Iran, Turki, Jamaika, China, Malaysia, Singapira, Thailand, Filipina, Pakistan, Korea Selatan, dan Jerman. Rosidayati menuturkan sebagian besar buku-buku yang dibeli oleh mereka adalah yang dikenal dunia dan bersifat universal.

"Seperti novel Eka Kurniawan, Laksmi Pamintjak, dan buku-buku lainnya yang dikenal mendunia, serta universal. Buku anak Islami juga banyak diminati. Non fiksi juga banyak penerbit Indonesia punya konten menarik. Seperti dari Jerman, tertarik dengan banyak buku Indonesia tapi kendalanya di penerjemahan. Itu tidak mudah," lanjutnya.




Untuk proses penerjemahan buku, lanjut dia, tidak mudah dan murah. "Alhamdulillah sudah ada LiTRi hibah penerjemahan untuk buku. Tapi itu juga sangat terbatas," kata Rosidayati.

IIBF 2019 berlangsung pada 4-8 September 2019 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat. Ada 30 acara di panggung utama dan 20 acara di panggung lobi selama penyelenggaraan IIBF.


Simak Video "Kehadiran Felix Siauw di IIBF Tuai Kritikan, Ini Sikap BEKRAF"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com