detikHot

book

Komik 'Si Juki' Kini Bertualang ke Thailand

Minggu, 25 Agu 2019 15:12 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: ist Foto: ist
Jakarta - Komikus Faza Meonk kini membawa 'Si Juki' bertualang ke Thailand. Komik seri jalan-jalan terbarunya itu merupakan kerja sama antara dua negara di bidang industri kreatif.

Di komik terbarunya, Faza Meonk banyak mengeksplorasi tema negara Thailand dari segi kedekatannya dengan Indonesia. Thailand juga digambarkannya masih mempertahankan budaya tradisional di tengah kemajuan teknologi dan modernisasi.

Di komik seri jalan-jalan keduanya ini, Faza juga tetap mempertahankan ciri khas kolaborasi IP (intelectuall property) karakter. Di seri pertama, 'Petualangan di Korea', Si Juki berkolaborasi dengan IP terkenal dari Korea Selatan milik Tuba Animation, yaitu Larva. Untuk seri kedua, Petualangan di Thailand ini, Si Juki berkolaborasi dengan Meme, seekor kucing yang menjadi maskot dari OokbeeU Thailand.

"Saya berharap dengan terbitnya komik Si Juki Seri Jalan-Jalan di Thailand ini bisa menjadi pintu masuk bagi konten Si Juki untuk bisa masuk ke pasar Thailand," ujar Faza Meonk dalam siaran pers yang diterima, Minggu (25/8/2019).


Kerja sama antara Indonesia (Penerbit Elex Media) dan Thailand (platform komunitas komikus digital terbesar di Thailand, OokbeeU) bermula sejak tahun lalu. Setelah mengerjakan beberapa proyek komik, baik di Indonesia maupun di Thailand, mereka sepakat untuk bekerja sama dalam penerbitan komik 'Si Juki Seri Jalan-Jalan Petualangan di Thailand'.

Komik ini adalah edisi kedua setelah petualangan sebelumnya di Korea Selatan yang terbit pertengahan 2017. Rencananya komik tersebut bakal dirilis di ajang Indonesia International Book Fair (IIBF) pada Sabtu (7/9) mendatang di Lobby Stage IIBF, Hall A, JCC, Senayan.

Komik 'Si Juki Seri Jalan-jalan di Thailand' juga direncanakan bakal terbit dalam format Webtoon dan cetak di Thailand. Komiknya pun bakal ada di toko buki Tanah Air mulai 28 Agustus 2019.




Simak Video "Eksklusif! Bersuara Lewat Ilustrasi Positif nan Kreatif ala Hari Prast"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/mau)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com