detikHot

book

Novel Ayu Tami dan A Fuadi Terjual Hak Ciptanya ke Penerbit Macedonia

Kamis, 22 Agu 2019 17:33 WIB Tia Agnes - detikHot
Novel Ayu Tami dan A Fuadi Terjual Hak Ciptanya ke Penerbit Macedonia Foto: Eva Tobing/ DKJ Novel Ayu Tami dan A Fuadi Terjual Hak Ciptanya ke Penerbit Macedonia Foto: Eva Tobing/ DKJ
Jakarta - Dua novel Indonesia terjual hak ciptanya kepada Prozart Media Publishing House dari Macedonia. Transaksi dua judul buku tersebut terjadi di ajang Jakarta International Literary Festival (JILF) 2019.

"Dua judul buku yang terjual tadi siang dari Penerbit Gramedia Pustaka Utama (GPU) dan Kepustakaan Populer Gramedia (KPG). Kedua judul untuk penerbit Macedonia yang kami undang untuk mengikuti pasar hak cipta buku di JILF," ujar Yudith Andika, koordinator Pasar Hak Cipta Buku ketika dihubungi detikHOT, Kamis (22/8/2019).

Dari KPG, novel 'Saman' karya Ayu Utami yang terjual. Sedangkan novel A Fuadi yang sukses dibeli adalah 'Negeri 5 Menara' atau 'The Land of Five Towers'.

Di Pasar Hak Cipta Buku JILF 2019, ada 8 penerbit dari mancanegara yang bertemu dengan penerbit lokal. Penerbit mancanegara yang mengikuti di antaranya ada Verso dari Inggris, Giramondo Publishing dan Reading Sideways Press dari Australia, Prozart Media Publishing House asal Macedonia.



Kemudian dari Turki ada Kalem Agency, Sefsafa Publishing dari Mesir, Bangladesh pun membawa Mayurpankhi Publishing hingga Instance asal China.

Novel Ayu Tami dan A Fuadi Terjual Hak Ciptanya ke Penerbit MacedoniaNovel Ayu Tami dan A Fuadi Terjual Hak Ciptanya ke Penerbit Macedonia Foto: Eva Tobing/ DKJ


Ke-8 penerbit bakal bertemu dengan penerbit Indonesia seperti Gramedia, Mizan, Republika, baNANA Press, Bookslife, Kesaint Blanc, Marjin Kiri, POST Press, dan Mojok.

"Mereka sangat tertarik untuk membeli rights dari buku-buku Indonesia. Excited untuk bertemu dengan penerbit Indonesia. Kebanyakan mereka yang memang belum pernah ke Indonesia, tapi sudah beberapa kali transaksi di luar Indonesia," pungkasnya.




Simak Video "Dituntut 1 Tahun 6 Bulan Penjara, Ini Tanggapan Nunung"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/nu2)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com