detikHot

book

Irvine Welsh hingga Behrouz Boochani Ada di UWRF 2019

Rabu, 14 Agu 2019 14:04 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Ubud Writers and Readers Festival Foto: Ubud Writers and Readers Festival
Jakarta - Gelaran Ubud Writers and Readers Festival (UWRF) 2019 tak hanya menghadirkan penulis dan pembicara lokal saja. Namun juga dari mancanegara yang memeriahkan salah satu dari lima festival sastra terbaik di tahun 2019 menurut The Telegraph.

Dalam deretan line up UWRF, ada nama penulis 'Trainspotting' Irvine Welsh yang bakal hadir. Penulis asal Skotlandia itu tampil berdampingan dengan pegiat feminis dan penulis opini di New York Times Lindy West. Ada juga seniman hip-hop pemenang BAFTA, penulis, sekaligus pengusaha sosial Akala, serta finalis Pulitzer Prize Megan K. Stack.

Penyair sekaligus penulis naskah drama pemenang penghargaan Lemn Sissay, penulis Iran-Amerika terkenal dan cendekiawan agama Reza Aslan, penulis memoar terlaris Kanada Lindsay Wong, jurnalis dan penulis Pakistan Sanam Maher, penulis Afrika Selatan Sisonke Msimang, penulis sekaligus penerjemah Turki Nazli Karabiyikoglu, dan penulis yang dinominasikan untuk Man Booker Prize dan pembuat film dokumenter Guy Gunaratne.




Secara spesial, UWRF 2019 juga menyambut penulis pemenang penghargaan berdarah Kurdish-Iran bernama Behrouz Boochani. Saat ini, dia masih ditahan di Pusat Detensi Pengungsi Australia di Pulau Manus dan akan hadir melalui siaran langsung.

Festival juga menyambut beberapa sosok dari Australia untuk menjadi pembicara UWRF. Tahun ini, akan hadir Pendiri Lonely Planet Tony Wheeler, penulis dan pegiat penampilan Carly Findlay, penulis pemenang penghargaan Toni Jordan, dan penulis pemenang penghargaan, penyunting sekaligus kritikus Fiona Wright.

Direktur UWRF, Janet DeNeefe menuturkan penyelenggara menyiapkan banyak program spesial yang tak kalah dari gelaran ke-15 tahun lalu.

"Ada beberapa hal yang telah kami siapkan saat ini untuk mengobati keingintahuan dan berbagi suara-suara hebat dari beberapa daerah yang kurang dikenal, untuk karya-karya terjemahan oleh orang-orang kulit berwarna, untuk cerita-cerita yang membuka mata kita ke dunia yang sama sekali berbeda dengan yang selama ini kita tinggali," katanya dalam keterangan pers yang diterima detikHOT.

UWRF 2019 berlangsung pada 23-27 Oktober di 70 titik lokasi di Ubud, Pulau Bali. Lebih dari 200 pengisi acara di 30 negara memeriahkan 170 program di dalam festival tersebut.


Simak Video "Keluarga Beberkan Perjalanan Cinta Cut Tari dan Richard Kevin"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dar)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com