detikHot

book

Peraih Nobel Sastra Toni Morrison Meninggal di Usia 88 Tahun

Rabu, 07 Agu 2019 10:10 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Getty Images Foto: Getty Images
Jakarta - Penulis Afro-Amerika pertama yang meraih Nobel Sastra Toni Morrison tutup usia. Ia menghembuskan nafas terakhirnya di Montefiore Medical Center Moses Division, Kota New York.

Penerbit Knopf membenarkan kabar kepergian novelis 'Beloved' tersebut. Novel-novel Morrison memperjuangkan kehidupan orang-orang Afro-Amerika dan menceritakan kisah mereka dalam berbagai novel.

Dia mendapat Hadiah Nobel Sastra pada 1993 silam. Di tahun 1987, Toni Morrison menulis novel roman 'Beloved' yang membawa namanya pada penghargaan sastra bergengsi di dunia.

Novel 'Beloved' yang merupakan kisah nyata ditulisnya selama Perang Sipil Amerika. Karyanya terinspirasi dari seorang perempuan yang membunuh putrinya yang berusia dua tahun untuk menghindari dari perbudakan.



Tema-tema seperti perbudakan, kebencian terhadap perempuan, rasial, dan supernaturalisme hidup di tangannya. Baginya menulis adalah cara menemukan kebebasan sejati.

"Saya tahu dengan menulis adalah cara keabadian untuk dikenang. Saya tidak bisa berpikir saya bisa bahagia tinggal di sini jika saya tidak memiliki karya-karya," ujarnya dilansir dari CNN.

Pada 1998, novel 'Beloved' diadaptasi ke layar lebar dan diperankan oleh Oprah Winfrey. Kisahnya juga diadaptasi ke dalam drama radio selama 10 episode yang disiarkan di BBC Radio sejak Januari 2016.

Pada 2012, Presiden AS ke-44 Barack Obama menganugerahi Toni Morrison gelar Presidential Medal of Freedom.


Simak Video "Temukan Jurang Ilusi, Kazuo Ishiguro Raih Nobel Sastra 2017"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dal)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed