detikHot

book

Maraknya Razia Buku 'Kiri', Pemerintah Diminta Tegas

Selasa, 06 Agu 2019 16:25 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Razia  buku paham Marxisme di Makassar (screenshoot) Foto: Razia buku paham Marxisme di Makassar (screenshoot)
Jakarta - Forum Taman Bacaan Masyarakat (TBM) geram dengan aksi penyitaan dan razia buku-buku Marxisme. Sebelum peristiwa yang terjadi di toko buku Gramedia, Makassar, sejumlah kota lainnya pun pernah mengalami hal serupa.

Pengurus Pusat Forum TBM pun mengajukan keberatan dan meminta pemerintah agar bertindak tegas.

"Forum TBM MENUNTUT Pemerintah untuk secara tegas menegakkan hukum agar tidak ada lagi pelarangan atau razia buku," tulis pernyataan sikap Forum TBM, seperti dikutip detikHOT.

Tuntutan lainnya adalah Forum TBM Melarang adanya razia buku sebagai bentuk represi hak masyarakat atas pengetahuan dan pendidikan yang dijamin Undang-Undang.



"Forum TBM KEBERATAN dengan berbagai tindakan sewenang-wenang yang dilakukan oleh kelompok masyarakat maupun aparat yang melakukan razia buku tanpa melalui prosedur konstitusi yang berlaku di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia," tulis keterangan Forum TBM.

Serta Forum TBM mengimbau masyarakat dan pegiat literasi untuk tetap menggelorakan kegiatan literasi. Ketua Umum Forum TBM, Firman Hadiansyah pun menambahkan kasus razia buku tersebut merupakan bentuk paranoid masyarakat tertentu saja.

"Kita suka phobia. Asumsi dasar kami jangan sampai tidak suka dengan buku A, B, C, lalu melakukan razia. Kita melihat ke belakang itu cara berpikir paranoid. Nanti bisa saja saya punya koleksi tentang Karl Marx. Lalu apakah saya dibilang mengoleksi buku berbahaya. Tidak bijak kalau merazia tanpa ada tinjauan penelitian," tukasnya.




Simak Video "Kontroversi Razia Buku Kiri"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/nu2)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed