detikHot

book

Novel 'Koboy Kampus' Rilis Jelang Penayangan Filmnya

Jumat, 05 Jul 2019 15:55 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: @thepanasdalam_publishing Foto: @thepanasdalam_publishing
Jakarta - Jelang penayangan film 'Koboy Kampus' pada 25 Juli mendatang, novel terbaru Pidi Baiq dirilis. Berjudul sama seperti versi film, novelnya menceritakan masa muda sang penulis ketika berkuliah.

Kisah kehidupan di dalam 'Koboy Kampus' yang diterbitkan penerbit The Panasdalam itu muncul dengan latar Institut Teknologi Bandung (ITB). Di era 1990-an, Pidi Baiq mengenyam pendidikan di Fakultas Seni Rupa, ITB.

Istilah 'Koboy Kampus' menjadi sebutan bagi mahasiswa yang memilih bermain daripada mengikuti kegiatan perkuliahan. Sehingga waktu kelulusan pun mundur bahkan ada yang sampai drop out. Nama 'Koboy Kampus' pun tak bisa dilepaskan dari The Panasdalam.



"'Koboy kampus' zaman dulu masa kadaluarsa kuliahnya ada yang sampai 14 tahun, minimal tujuh tahun. Jadi mereka punya banyak waktu dan kesempatan untuk main-main di kampus selain kuliah," imbuh Pidi Baiq dalam keterangan yang diterima.

Selepas kuliah di ITB, Pidi Baiq pun melanjutkan studi di Amsterdam. "Kisah koboy kampus adalah kisah beberapa kawan saya yang di DO (drop out) karena lebih banyak ngoboy-nya daripada melaksanakan kuliah," ujar Pidi Baiq.

Pidi Baiq yang dikenal sebagai novelis 'Dilan 1990' sebelumnya terkenal melalui grup band The Panas Dalam. Sebelum merilis novel 'Dilan', Pidi Baiq sudah menerbitkan karya sebelumnya.

Di antaranya adalah 'Asbunayah' (2017), 'Milea, Suara dari Dilan' (2016), 'Drunken Mama' (2009), 'Drunken Molen' (2008), dan lain-lain.



Tonton Video 'Koboy Kampus' Kisah Nyata Pidi Baiq di Era Orde Baru:

[Gambas:Video 20detik]

Novel 'Koboy Kampus' Rilis Jelang Penayangan Filmnya



Simak Video "Bisma Karisma Punya Kedekatan Khusus dengan Pidi Baiq"
[Gambas:Video 20detik]
(tia/dal)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com