detikHot

book

'Tukar Takdir' Ajak Pembaca Menyelami 12 Cerita Bertukar Nasib

Sabtu, 25 Mei 2019 14:43 WIB Tia Agnes - detikHot
Valiant Budi Foto: Asep Syaifullah/detikHOT Valiant Budi Foto: Asep Syaifullah/detikHOT
Jakarta - Bagaimana rasanya kalau kamu bertukar takdir dengan orang lain yang ada di sampingmu? Atau bertukar takdir dengan orang yang lebih kaya atau tiba-tiba saja merasakan bertukar takdir dengan orang sakit?

Hal tersebut yang coba dirasakan oleh penulis Valiant Budi. Lewat kumpulan cerita pendek 'Tukar Takdir' yang diterbitkan perdana oleh Gramedia Pustaka Utama (GPU), pria yang akrab disapa Vabyo mengisahkan tentang 12 cerita rasanya bagaimana bertukar takdir dengan orang lain.

"Sebenarnya ide ini pernah terlintas ketika cerita takdir pertama berada di pesawat dari London ke Jakarta pakai maskapai yang saat itu baru saja kecelakaan. Waktu itu sedang turbulance yang biasa saja tapi ternyata deg-degan luar biasa," ujarnya ketika main ke kantor detikHOT, Gedung Trans TV, Tendean, belum lama ini.

Saat itu Vabyo sempat terpikir bagaimana rasanya kalau bertukar takdir dengan orang lain. Pengalaman serupa juga dialaminya ketika terkena stroke pada 2015 lalu.

Sejujurnya di masa itu, ia merasakan takut banget akan kematian. Ketika sedang sakit gila-gilaan ia ingin sekali meninggal. "Di sinilah ide 'Tukar Takdir' itu hadir," ujarnya tersenyum.

"Waktu aku kena stroke aku merasa oh takdirku kurang baik yah, tapi setelah recovery dan mendapat perspektif hidup baru, takdir yang tidak baik aku bikin lebih baik lagi," tuturnya.




'Tukar Takdir' menceritakan perkara yang kita takuti dan pasti terjadi dalam 12 (dua belas) nasib yang salah satunya mungkin pernah, sedang, atau akan jadi milikmu. Di takdir pertama mengisahkan seandainya benar-benar bisa mengulang waktu dan mengubah nasib dengan penumpang lainnya.

Di takdir kedua, ada seseorang yang merasa dirinya seperti luwak dan harus merasa bersalah kalau nggak berak karena sudah diberi kandang dan makanan. Yang seru adalah takdir ke-12 tentang kematian yang tetap menjadi misteri.

Buku kumcer 'Tukar Takdir' sudah tersedia di toko buku sejak 6 Mei 2019.
(tia/dar)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com