DetikHot

book

Komik 'Si Juki' Ajak Pembacanya untuk #SayaTidakMemilih, Nyuruh Golput?

Senin, 08 Apr 2019 17:50 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Komik Si Juki Ajak Pembacanya untuk #SayaTidakMemilih, Nyuruh Golput? Komik 'Si Juki' Ajak Pembacanya untuk #SayaTidakMemilih, Nyuruh Golput? Foto: Pionicon/ Istimewa
Jakarta - Jelang pemilihan umum pada 17 April, Si Juki meluncurkan gerakan bernama #SayaTidakMemilih. Gerakan politik yang dideklarasikan oleh karakter komik Si Juki ini dibagikan lewat akun media sosialnya.

Si Juki ngajak golongan putih atau golput? Eits, jangan salah sangka dulu.

Ternyata Si Juki bukan menyuruh para pembacanya untuk golput di pemilihan umum nanti. Namun Si Juki hanya memberikan ciri-ciri pemimpin yang seharusnya tidak dipilih oleh publik.

Contohnya eks napi korupsi, calon yang hanya mengumbar janji, calon yang suka marah-marah, calon yang kerap pencitraan hingga yang suka memecah belah masyarakat. Gerakan #SayaTidakMemilih tak hanya berakhir menjadi kampanye media sosial saja, tapi juga buku komik.



Versi komik #SayaTidakMemilih diterbitkan oleh penerbit Bukune. "Di buku komik ini Si Juki juga kolaborasi dengan karakter-karakter komik lainnya," tulis keterangan pers yang diterima detikHOT, Senin (8/4/2019).

Komik 'Si Juki' Ajak Pembacanya untuk #SayaTidakMemilih, Nyuruh Golput?Komik 'Si Juki' Ajak Pembacanya untuk #SayaTidakMemilih, Nyuruh Golput? Foto: Pionicon/ Istimewa


Ada Juleha, Mang Awung, Raisah karya Tosan Aji, Pak Guru Inyong karya Anggoro Ihank, dan karakter komik 'Ngopi Yuk!' ciptaan Sisifafa dan Romy Hernadi.

Karakter komik 'Si Juki' merupakan karya Faza Meonk. Di akun Facebook, karakter Si Juki sudah ada 400 ribu pengikut.

Di jejaring Twitter dan Instagram, Juki dengan username @JukiHoki berhasil menggaet lebih dari 500 ribu followers. Si Juki juga telah diangkat menjadi film animasi layar lebar yang dirilis pada bulan Desember tahun 2017.



(tia/nkn)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed