detikHot

book

Donald Trump Jadi Presiden Jagat Komik DC, Benarkah?

Senin, 11 Mar 2019 11:20 WIB Tia Agnes - detikHot
Donald Trump Jadi Presiden Jagat Komik DC, Benarkah? Foto: REUTERS/Carlos Barria Donald Trump Jadi Presiden Jagat Komik DC, Benarkah? Foto: REUTERS/Carlos Barria
Jakarta - Edisi terbaru dari komik 'Doomsday Clock' menampilkan Donald Trump yang menjadi presiden dari jagat komik DC. Benarkah?

Dalam 'Doomsday Clock #9' dalam beberapa panel ada gambar presiden yang tak terlihat. Selama ini DC Comics memang kerap menggambar politisi maupun tokoh berpengaruh dalam komik mereka.

Misalnya ketika Superman merekrut Presiden John F. Kennedy untuk menyamar sebagai Clark Kent. Di komik lainnya ada Lex Luthor yang terpilih sebagai Presiden AS pada 2000 silam.



Cerita dalam komik 'Doomsday Clock' sejak awal memang bersifat politis. Pemerintah AS secara diam-diam menciptakan teori tentang metahumans seperti Superman. Di edisi ke-9, ketika ada insiden internasional Superman mencoba ikut campur antara pertempuran militer Rusia.

Di sinilah pembaca melihat Presiden Amerika yang dinasihati secara terbuka untuk menolak intervensi Superman dalam urusan Rusia. Namun, sayangnya tidak diperlihatkan wajahnya dan tidak diidentifikasi namanya.

Yang digambarkan hanya terlihat ia adalah seorang laki-laki Kaukasia dan mengenakan setelan jas, namun di bagian nametag ada nama Trump.

Bukti lainnya adalah pilihan kata, dialog, dan karakternya sama persis seperti Trump. Misalnya saja Trump menyukai kata-kata kasar dan tindakan yang mengabaikan dukungan publik untuk Superman.


(tia/nu2)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com