DetikHot

book

Dihadiri Anak Pertama, Kremasi Nh Dini Berlangsung Haru

Rabu, 05 Des 2018 15:45 WIB  ·   Eko Susanto - detikHOT
Dihadiri Anak Pertama, Kremasi Nh Dini Berlangsung Haru Dihadiri Anak Pertama, Kremasi Nh Dini Berlangsung Haru Foto: Eko Susanto/ detikHOT
Semarang - Proses kremasi sastrawan senior Nh Dini, berlangsung lancar di Krematorium Yayasan Sosial Gotong Royong Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Sebelum dilakukan kremasi terlebih dahulu didoakan bersama.

Berdasarkan pantauan detikHOT, jenazah sastrawan Nh Dini, tiba di Krematorium Yayasan Sosial Gotong Royong Ambarawa, pukul 11.30 WIB. Setelah tiba, kemudian diletakkan di ruang I di bawah papan nama RR Sri Hardini. Sebelum dilangsungkan kremasi, terlebih dahulu ada sambutan dari keluarga yang disampaikan Maire Claire Lintang Coffin.

"Saya berbicara mewakili adik nggak bisa datang, dia tidak bisa mendapatkan penerbangan yang tepat waktu sehingga tidak bisa bersama kita dan bersama ibu saya saat ini," kata Lintang dalam bahasa Inggris di sela-sela proses kremasi, Rabu (5/12/2018).



"Beberapa waktu yang lalu, kami berlibur bersama, beberapa minggu bersama kami menikmati kehadiran masing-masing. Saat berkumpul senang, ketika mengucapkan selamat tinggal punya firasat yang aneh. Ibu berbahagia melihat saya berada di Bandung untuk mengajar bahasa Prancis. Itu waktu yang sangat indah dan terlihat sangat damai. Kami mewakili saudara saya sangat berterima kasih atas dukungan yang diberikan datang pada hari ini," tuturnya.

Dihadiri Anak Pertama, Kremasi Nh Dini Berlangsung HaruDihadiri Anak Pertama, Kremasi Nh Dini Berlangsung Haru Foto: Eko Susanto/ detikHOT


Sementara itu, sahabat Nh Dini, Sulis Bambang mengucapkan terima kasih atas kehadiran para pelayat.

"Perkenankanlah saya mewakili yang hadir, mengaturkan beribu-ribu terima kasih atas atensi selama beliau mendapatkan musibah sampai pemakaman siang hari ini. Mohon doa, mudah-mudahan beliau mendapatkan tempat yang terbaik. Diampuni semua dosa-dosanya dan dimaafkan semua kekhilafannya dan diterima semua amal ibadah-Nya," katanya.



Setelah itu, dilanjutkan dengan foto pertama dilakukan Lintang yang berdiri di samping peti jenazah. Kemudian dilanjutkan dengan sahabat maupun para pelayat yang berada di Krematorium Yayasan Sosial Gotong Royong Ambarawa.

Dihadiri Anak Pertama, Kremasi Nh Dini Berlangsung HaruDihadiri Anak Pertama, Kremasi Nh Dini Berlangsung Haru Foto: Eko Susanto/ detikHOT


Sebelum peti dimasukkan, terlebih dahulu dilakukan doa bersama. Kemudian, peti dimasukkan dan dilakukan tabur bunga pertama oleh Lintang dilanjutkan keluarga lainnya, sahabat Nh Dini, dan terakhir pintu kremasi pun ditutup.

Nh Dini meninggal di usia 82 tahun dan meninggal dua orang anak, Maire Claire Lintang Coffin dan Pierre Louis Padang Coffin. Dia dikenal sebagai novelis feminis yang sukses menelurkan lebih dari 20 novel sepanjang hidupnya.


Tonton video: Sosok Nh Dini di Mata Keluarga dan Kerabat

[Gambas:Video 20detik]


(tia/wes)

Photo Gallery
1 1 2 3 4
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed