detikHot

book

Kunci Dee Lestari Bikin Novel yang 'Mengikat' Pembaca

Minggu, 28 Okt 2018 14:43 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Agnes/detikHOT Foto: Agnes/detikHOT
Ubud - Penulis Dee Lestari membagikan beragam cerita dan proses kreatif di balik novel 'Aroma Karsa' di ajang Ubud Writers and Readers Festival (UWRF). Salah satunya mengenai kunci dari kesuksesan penulis kelahiran Bandung 42 silam dalam menerbitkan novel.

"Bagaimana membuat cerita yang memikat dan mengikat. Kadang-kadang bisa juga dalam lirik lagu, kalau dikilas balik saya ini adalah seorang pencerita," tuturnya di hadapan penonton UWRF 2018 di Betelnut, Jalan Raya Ubud, Gianyar, Bali, pada Sabtu (27/10/2018) malam.

Bagi Dee, menulis merupakan salah satu medium untuk mengeksplorasi hal-hal yang ada dalam hidupnya.

"Saya ingin bercerita dan bisa membagikannya. Selama 17 tahun terakhir ini, saya menulis profesional dan sejatinya ingin membuat cerita yang membuat pembaca atau orang merasa terpikat dan mengikat," katanya lagi.

Selain itu, setiap penulis pun diakui Dee memiliki teknik dan gaya tersendiri untuk diterapkan dalam berkarya. Ia menyebutkan biasanya draft pertama merupakan versi terburuk.

"Hal ini lazim bagi penulis. Bagaimana menjadi bagus, itu soal teknik dan jam terbang. Bukan soal menulis dengan hebat," tukas Dee.

Dee yang menerbitkan karya sejak 2001 silam lewat novel 'Supernova 1: Ksatria, Puteri, dan Bintang Jatuh' diapresiasi pembaca. Kelanjutan karyanya membawa sampai Supernova 6 yang berjudul 'Inteligensi Embun Pagi'. Dee pun menulis kumpulan cerpen 'Rectoverso','Perahu Kertas', 'Madre', dan karya terbarunya di tahun ini adalah 'Aroma Karsa'.



(tia/nu2)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com