detikHot

book

5 Fiksi Indonesia Ini Dijamin Bikin Kamu Ngiler!

Rabu, 03 Okt 2018 15:02 WIB Tia Agnes - detikHot
Foto: Cover Buku Foto: Cover Buku
Jakarta - Membaca buku dan makan memang dua aktivitas yang berbeda. Namun, bagaimana kalau membaca buku sampai membayangkan deskripsi dari suatu makanan atau kuliner tertentu. Bikin ngiler kan?

Lewat rangkaian kata yang ada di fiksi berikut ini, para pembaca pastinya tidak bisa lepas membaca sampai habis. Berikut fiksi (novel dan cerpen) karya penulis Indonesia yang bertemakan kuliner, seperti dirangkum detikHOT:

1. Aruna dan Lidahnya (Laksmi Pamuntjak)

5 Fiksi Indonesia Ini Dijamin Bikin Kamu Ngiler! Foto: Cover Buku
Film 'Aruna dan Lidahnya' sedang tayang di bioskop Tanah Air sejak 27 September lalu. Karya yang diadaptasi dari novel garapan Laksmi Pamuntjak itu menggunakan karya sastra dengan pendekatan kuliner.

Melalui keanekaragaman kuliner Indonesia sebagai inspirasi terbesarnya, Laksmi Pamuntjak menghubungkan pembaca dengan kesehatan nasional, politik, agama, mitos, aktivisme, realita sosial, sejarah lokal, cinta, dan persahabatan.

Di novel setebal 426 halaman dan terbit 2017 lalu, diceritakan aneka kuliner yang dicoba oleh Aruna bersama teman-temannya ke berbagai kota di Indonesia. Di versi layar lebar, Aruna mencicipi kuliner kacang kowa dari Surabaya, lorjuk asal Madura, bakmi kepiting dari Pontianak, choi pan asal Singkawang, dan lain-lain. Totalnya pun ada 21 makanan dan minuman di dalam film.

2. Madre (Dee Lestari)

5 Fiksi Indonesia Ini Dijamin Bikin Kamu Ngiler! Foto: Cover Buku
'Madre' tidak hadir dalam bentuk novel seperti 'Aruna dan Lidahnya'. 'Madre' adalah judul buku kumpulan cerita pendek ketiga atau buku ke-7 yang diterbitkan hasil karya Dee Lestari. Terbit perdana pada Juni 2011 oleh Penerbit Bentang Pustaka, 'Madre' diadaptasi ke versi layar lebar di tahun 2013.

'Madre' menceritakan tentang adonan biang roti berumur 70 tahun bernama Madre. Kakek Tansen memberikan warisan madre pada Tansen agar mampu menghasilkan toko roti yang dahulu pernah jaya.

Di novel ini, pembaca akan menyaksikan magisnya proses adonan roti menjadi roti yang empuk dan menggiurkan untuk dimakan. Madre seakan punya 'nyawa' dan bertransformasi dengan baik menjadi bentuk roti dan Dee Lestari berhasil menuliskannya dengan detail.

3. Sweet Nothings (Sefryana Khairil)

5 Fiksi Indonesia Ini Dijamin Bikin Kamu Ngiler! Foto: Cover Buku
Novel roman ini menceritakan tentang pemilik toko kue Sweet Sugar dengan seorang pastry chef baru yang bekerja untuknya. Novel yang ringan dan cocok bagi pembaca muda ini ditulis oleh Sefryana Kharil dan diterbitkan oleh GagasMedia.

4. Filosofi Kopi (Dee Lestari)

5 Fiksi Indonesia Ini Dijamin Bikin Kamu Ngiler! Foto: Cover Buku
Selain 'Madre', buku kumpulan cerita pendek yang judulnya diambil dari cerita 'Filosofi Kopi' mengangkat khazanah nusantara dari kopi. Dee Lestari mampu menuliskan cerita dan sejarah akar kopi Tanah Air melalui 'Filosofi Kopi'.

Melalui buku 'Filosofi Kopi', Dee ingin menghadirkan bagaimana perjuangan seorang yang memiliki hobi terhadap kopi dan memaknai kopi dari sudut pandang kehidupan. Buku ini dianugerahi sebagai karya sastra terbaik tahun 2006 oleh majalah Tempo dan dinobatkan menjadi 5 Besar Khatulistiwa Award kategori fiksi.

'Filosofi Kopi' terbit di tahun 2006 dan diadaptasi ke layar lebar tahun 2015.

5. Coffee Memory (Riawani Elyta)

5 Fiksi Indonesia Ini Dijamin Bikin Kamu Ngiler! Foto: Cover Buku
Novel yang menjadi seri dari 'Love Flavour' ini memang belum pernah diterbitkan ke versi layar lebar. Karya yang diterbitkan oleh Bentang Pustaka ini bakal menampilkan cerita tersendiri lewat perjalanan kedai kopi peninggalan sang suami yang bernama Katjoe Manis.



Saksikan juga video 'Cerita di Balik Film Aruna dan Lidahnya':

[Gambas:Video 20detik]


(tia/dar)

Photo Gallery

screenshoot-movie

Foto-foto Adegan "Madre"
Foto-foto Adegan Madre
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikhot.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com