DetikHot

book

Penulis Korea Han Kang akan Kubur Buku Selama 100 Tahun di Hutan

Senin, 03 Sep 2018 14:13 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Penulis Korea Han Kang akan Kubur Buku Selama 100 Tahun di Hutan Penulis Korea Han Kang akan Kubur Buku Selama 100 Tahun di Hutan (Han Kang sebelah kanan) Foto: Guardian
Jakarta - Peraih Man Booker International Prize tahun 2016 Han Kang akan melakukan aksi fenomenal di Hutan Norwegia. Dia akan mengubur sebuah buku selama satu abad dalam program Perpustakaan Masa Depan atau paling rahasia di dunia.

Penulis asal Korea Selatan itu menjadi penulis kelima yang terpilih dalam proyek jangka panjang seniman Skotlandia Katie Paterson. Sejak 2014 lalu, Paterson memilih satu orang penulis untuk menyumbangkan buku untuk karya seni publiknya.

Setiap karya hanya dilihat oleh pengarangnya dan akan dicetak pada 2114 ketika seribu pohon cemara Norwegia di sekeliling kota Oslo mulai ditanam pada 2014 lalu.



"Di Korea ketika pasangan menikah, orang-orang memberkati mereka untuk hidup selama 100 tahun lamanya. Kedengarannya seperti sebuah keabadian," tutur Han Kang dilansir dari Guardian, Senin (3/9/2018).

Dia pun menambahkan, "Saya tidak bisa bertahan 100 tahun dari sekarang, tentu saja. Tidak ada seorang pun yang saya cintai dapat bertahan hidup. Fakta tanpa henti ini telah membuat saya merefleksikan bagian penting dari hidup saya. Kenapa saya menulis? Dengan siapa saya berbicaya ketika saya menulis?"

Aksi Han Kang untuk Perpustakaan Masa Depan juga akan berurusan dengan nasib buku-buku yang berbahan kertas.

"Saya ingin berdoa untuk nasib manusia dan buku. Semoga mereka bertahan dan dapat merangkul satu sama lainnya," kata penulis 'The Vegetarian' tersebut.

Sebelum Han Kang, ada penulis lainnya yang berpartisipasi yakni Margaret Atwood, David Mitchell, novelis Turki Elif Shafak, dan Sjón dari Islandia.


(tia/dal)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed