DetikHot

book

Penulis Sci-fi Paling Kontroversial Harlan Ellison Tutup Usia

Jumat, 29 Jun 2018 16:03 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Penulis Sci-fi Paling Kontroversial Harlan Ellison Tutup Usia Penulis Sci-fi Paling Kontroversial Harlan Ellison Tutup Usia Foto: Istimewa
Jakarta - Penulis fiksi ilmiah legendaris yang terkenal 'Star-Trek' tutup usia. Harlan Ellison meninggal dunia di usia 84 tahun.

Ia juga dikenal sebagai penulis sci-fi paling kontroversial di dunia. Lahir di Cleveland pada 1934 silam, ia menerbitkan buku kumpulan cerita pendek pertamanya di tahun 1949 sebelum pindah ke New York untuk fokus menulis fiksi ilmiah.



Sepanjang dekade 1950-an, ia menulis ratusan cerita pendek dan pernah wajib militer selama dua tahun. Dia juga dikenal sebagai penulis naskah episode 'Star Trek' di tahun 1967 yang berjudul 'The City on the Edge of Forever'.

Kematian Ellison dikonfirmasi Editor buku Ellison Bill Schafer kepada Associated Press kemarin. Stephen King pun berkicau mengenai kabar kepergian Ellison.

"Tak ada seorang pun yang seperti dia dalam karya-karya sastra AS dan tidak akan pernah ada. Marah, lucu, fasih, sangat berbakat. Jika ada kehidupan setelah kematian, Harlan sudah mendapatkan nama," kicaunya seperti dilansir detikHOT.

Ia pun diakui sebagai penulis yang produktif. Ellison menerbitkan novel 'A Boy and His Dog' pada 1969 yang diadaptasi ke layar lebar.


(tia/tia)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed