DetikHot

book

Usai Kontroversi Minke, Viral Netizen Tak Tahu Siapa Pramoedya Ananta Toer

Senin, 28 Mei 2018 13:35 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Usai Kontroversi Minke, Viral Netizen Tak Tahu Siapa Pramoedya Ananta Toer Usai Kontroversi Minke, Viral Netizen Tak Tahu Siapa Pramoedya Ananta Toer Foto: Mindra Purnomo
Jakarta - Kontroversi mengenai adaptasi novel 'Bumi Manusia' ke versi layar lebar tak hanya mengenai tokoh Minke yang diperankan oleh Iqbaal Ramadhan saja. Namun kini viral status dari seorang netizen yang merambah ke persoalan sastrawan Pramoedya Ananta Toer.

Awalnya status yang dikicaukan di Twitter oleh seorang netizen yang tidak diketahui namanya itu tersebar. Lalu beredar di Timeline Facebook sejak kemarin. Akun Twitter @askmenfess pun mengupload ulang dan kian membuat viral.

"Lagian Pramoedya itu siapa sih? Cuman penulis baru terkenal kayaknya... masih untung dijadiin film, dan si Iqbal mau meranin karakternya.. biar laku bukunya," tulis netizen tersebut seperti dikutip detikHOT.

Lantaran status tersebut banyak yang berkomentar pedas.



"Ini anak tk kali ya yang ngomen -_- ngejelekin pak pram pula," ujar @kevinmoonology.

"Tolong ya, klo ngomong tuh research dulu. Kalo lu gatau sastra, mending lu diem. Daripada lu diserang sama penikmat sastra yg jumlahnya ada banyak, ditambah penikmat buku Bapak Pram itu jumlahnya gak sedikit. Penulis terkenal juga pada muja muja tulisan dia saking bagusnya," tulis @pienthouse.



"Hm kasian, makanya jangan tiktokan mulu. Baca bukunya, biar tau siapa yg kau sebut sebut itu wahai anak muda. 😐," tulis @softytzu.

Bahkan ada seorang netizen yang nyinyir dan mengatakan status berasal dari fans Cowboy Junior, Comate.

"Heh itu penulis novel sastra jaman orde baru anjay Dari namanya aja keliatan nama jaman dulu Pasti ini comate, keliatan bat bocahnya," tulis seorang netizen.

Namun banyak juga yang merasa maklum dengan generasi milenial yang mengaku tak tahu siapa Pram. Apalagi kalau di sekolah, tidak diajarkan mengenai karya sastra Pram.

"Soal #Pram memang bukan lagi soal rencana pembuatan film Bumi Manusia, tapi soal generasi lampau yang ingin generasi zaman ini mengalami dan memahami apa yang mereka rasakan. Kalau generasi zaman ini mau ya. Kalau gak mau, gak usah dipaksa," kicau @imandnugroho.

Bagaimana menurutmu?


Saksikan video Netizen Marah Pramoedya Disebut Numpang Tenar dari Iqbaal:

[Gambas:Video 20detik]




(tia/doc)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed