DetikHot

book

Penulis Polandia Menangkan Penghargaan Fiksi Bergengsi di Inggris

Rabu, 23 Mei 2018 13:24 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Penulis Polandia Menangkan Penghargaan Fiksi Bergengsi di Inggris Penulis Polandia Menangkan Penghargaan Fiksi Bergengsi di Inggris Foto: BBC
Jakarta - Man Booker International 2018 kembali mengumumkan pemenangnya tahun ini. Nama Olga Tokarczuk keluar sebagai pemenang utama yang meraih penghargaan bergengsi di Inggris dan tingkat internasional.

Dengan menangnya Tokarczuk, maka ia menjadi penulis Polandia pertama yang menerima penghargaan pada Selasa (22/5) di Museum Victoria and Albert London. Man Booker International adalah penghargaan bagi novel fiksi berbahasa Inggris yang terbaik di dunia.

Novel Tokarczuk yang berjudul 'Flights' berhasil terpilih dari 108 novel yang masuk ke tim dewan juri. Mengisahkan tentang karakter yang terkait dengan sejarah, terhubung melalui meditasi, dan melihat anatomi manusia.



Dilansir dari berbagai sumber, Rabu (23/5/2018), ia adalah penulis terkenal di negara asalnya. Tokarczuk telah menulis beberapa buku yang sukses di pasaran.

Ia pun memenangkan banyak penghargaan sastra termasuk Nike Award di tahun 2008, penghargaan sastra tertinggi di Polandia untuk novel yang sama. Dengan menangnya Tokarczuk di Man Booker International, ia mendapatkan 50.000 Poundsterling yang nantinya akan dibagi rata bersama dengan penerjemahnya Jennifer Croft.

Sebelumnya, selain nama Tokarczuk ada nama penulis lainnya yang masuk dalam daftar pendek. Di antaranya adalah Virginie Despentes dengan novel 'Vernon Subutex 1', 'The White Book' karangan penulis Korea Han Kang, novel 'The World Goes' karya penulis Hungaria László Krasznahorkai, 'Like a Fading Shadow' ciptaan Antonio Muñoz Molina, dan 'Frankenstein in Baghdad' karya Ahmed Saadawi.

Nama Han Kang dan László Krasznahorkai sebelumnya menangkan penghargaan di Man Booker International.

(tia/tia)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed