DetikHot

book

Anda Imran Tulis Biografi Jais Darga Selama 3 Tahun

Kamis, 12 Apr 2018 21:46 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Anda Imran Tulis Biografi Jais Darga Selama 3 Tahun Foto: Perilisan biografi 'Jais Darga Namaku' (Tia Agnes Astuti/detikHOT)
Jakarta - Biografi 'Jais Darga Namaku' yang diterbitkan oleh Kepustakaan Populer Gramedia (KPG) ditulis oleh penyair Ahda Imran. Selama 3 tahun pula, penulis naskah teater 'Monolog 3 Perempuan' itu menggarapnya.

"Saya tinggal di Bandung dan Teh Jais Darga di Bali. Selama lebih dari 3 tahun, saya menulis dan merisetnya," tutur Ahda Imran saat jumpa pers di Pondok Indah Golf Club House, Jakarta Selatan, Kamis (12/4/2018).

Di Pulau Dewata pun, Ahda sempat tinggal dan menetap sementara waktu untuk melakukan wawancara dan riset santai. "Saya ngorek-ngorek masa lalunya, lalu transkrip, dan kembali melanjutkan menulis," terangnya.

Jais Darga yang duduk di samping Ahda langsung menimpali, "Ah, dia mah indekos di tempat gue. Kalau revisi, harus sudah langsung dibaca," ujar Jais disambut gelak tawa.

Selama proses penggarapan biografi pula, atas rekomendasi dari Jais, Ahda melakukan riset ke Paris. Di sana dia merasakan langsung suasana proses lelang karya seni.

"Untuk periode Paris, saya harus merasakannya karena seumur hidup belum pernah melihat art auction. Dan itu lelang hebat sekali," kata Ahda.

Dalam biografi 'Jais Darga Namaku', Ahda menekankan buku ini bukan hanya menceritakan kisah inspiratif dari sosok art dealer perempuan pertama di Indonesia saja. Namun juga membicarakan keberanian subyek otonom dari sosok Jais Darga.

Jais Darga pun dinilai Ahda menjaga kedaulatan dirinya sebagai perempuan atas kuasa lelaki. "Bagaimana kehidupan perempuan keras kepala yang sukses dan berhasil di dunia seni rupa dunia."


(tia/dal)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed