DetikHot

book

Bangga! Penerbit Inggris Terbitkan Dua Buku Intan Paramaditha

Kamis, 22 Mar 2018 11:35 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Bangga! Penerbit Inggris Terbitkan Dua Buku Intan Paramaditha Bangga! Penerbit Inggris Terbitkan Dua Buku Intan Paramaditha Foto: Intan Paramaditha/ Pribadi
Jakarta - Penerbit Harvill Secker (Penguin Random House Group) mengumumkan akan menerbitkan terjemahan dua buku karya Intan Paramaditha. Harvill Secker dikenal sebagai penerbit yang kerap menerbitkan karya-karya sastra terjemahan maupun internasional seperti Haruki Murakami, J.M Coetzee, dan Umberto Eco.

Dua buku tersebut yakni antologi cerpen terjemahan Stephen J.Epstein yang berjudul 'Apple and Knife'. Sebagian besar isinya berasal dari buku 'Sihir Perempuan' dan 'Kumpulan Budak Setan'. Awalnya buku ini rilis perdana di Australia oleh Penerbit Brow Books lalu dirilis di New Zealand Writers and Readers Festival pada Maret 2018.



Buku kedua yang diterbitkan Harvill Secker adalah novel 'Gentayangan'. Novel yang diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama pada Oktober 2017 itu mendapatkan apresiasi dan review positif dari pembaca. Saat ini, novelnya sedang tahap penerjemahan oleh Stephen J.Epstein.

Lewat agen sastra Intan, Asia Literary Agency, Harvill Secker kini memegang hak penerbitan 'Apple and Knife' yang rencananya terbit pada 2019. Serta novel 'Gentanyangan' atau diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris 'The Wandering' pada 2020 di Inggris dan negara-negara Commonwealth.

Editor Senior di Harvill Secker Ellie Steel mengatakan tulisan-tulisan Intan Paramaditha sangat menyenangkan, feminis, dan menggali jauh ke dalam ide tentang identitas, hidup nomaden, kebebasan, dan keterbatasan pilihan yang dibuat.

"Salah satu hal yang paling menarik bagi saya adalah bagaimana Intan mengundang pembaca untuk melangkah keluar dari zona nyaman, dan berempati dengan orang lain," tutur Steel dalam keterangan pers yang diterima detikHOT, Kamis (22/3/2018).



'Apple and Knife' dan novel 'Gentayangan' tidak konvensional. "Kami senang mempublikasikannya. Kami berterima kasih kepada Sam Cooney dan Elizabeth Bryer serta Kelly yang memperkenalkan Intan yang luar biasa," katanya.

Dalam keterangan yang tercantum, Intan mengatakan dua buku yang ditulisnya dibentuk oleh hiruk-pikuk kondisi Indonesia kontemporer atau ruang urban neoliberal yang bergerak cepat, konservatisme agama, dan warisan otoritarianisme.

"Ada pertanyaan universal yang dibagikan. Bagaimana kita melawan? Apa artinya melintasi batas? Berkat iman, ketekunan, dan kreativitas Stephen J.Epstein telah menerjemahkan karya saya. Kedua buku saya akan memulai perjalanan baru. Harvill Secker terus menerus mememangkan literatur internasional. Saya senang mereka menjadi tuan rumah bagi tulisan saya," tukas Intan.



Karya-karya Intan pernah mendapatkan sejumlah penghargaan di antaranya adalah Cerpen Terbaik versi Kompas, Karya Fiksi Sastra Terbaik versi Tempo, dan Khatulistiwa Literary Awards atas buku cerpen terbitannya. Sebelum novel 'Gentayangan', Intan merilis dua kumpulan cerpen berjudul 'Sihir Perempuan' (2005) dan 'Kumpulan Budak Setan' (2010) bersama Eka Kurniawan dan Ugoran Prasad.



(tia/doc)

Photo Gallery
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed