DetikHot

book

Demi Buku Baru, Dee Lestari Wawancarai Juru Kunci Gunung Lawu

Rabu, 14 Mar 2018 18:10 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
Demi Buku Baru, Dee Lestari Wawancarai Juru Kunci Gunung Lawu Foto: Tia Agnes
Jakarta - Gunung Lawu dikenal sebagai salah satu gunung mistis di Indonesia itu menjadi salah satu lokasi riset dari novel 'Aroma Karsa'. Novelis Dee Lestari sampai mewawancarai juru kunci Gunung Lawu dan merasakan lebatnya hutan di jalur yang tak biasa dilalui pendaki.


"Di novel ini kan ada mitos tentang tanaman Puspa Karsa yang tersembunyi di tempat rahasia. Saya sempat berpikir apakah itu pulau terpencil atau hutan lebat yang tertutup. Dan saya kira nama Gunung Lawu sudah populer dan dikenal masyarakat," kata Dee ketika media gathering di Le Seminyak, kawasan Cipete, Jakarta Selatan, Rabu (14/3/2018).

Menurutnya, di malam-malam tertentu ada ribuan orang yang naik gunung demi ritual. Di Gunung Lawu juga ada dua rute yang biasa dilalui pendaki, tapi, Dee menuturkan ada jalur tengah yang tidak diketahui.

"Jalur tengah ini untuk keperluan spiritual dan kunci utama saya ke sana adalah bertemu juru kunci dan mendapatkan cerita-cerita misteri. Dan satwa atau tanaman-tanaman mitos apa saja yang akhirnya saya bisa jahit jadi cerita," lanjutnya.

Meski tidak mendaki sampai puncak namun Dee cukup merasakan lebatnya hutan di Gunung Lawu. Selain setting Gunung Lawu, novel 'Aroma Karsa' juga mendatangi TPA Bantar Gebang sampai mengikuti kursus parfum.


Novel 'Aroma Karsa' segera menyapa pembaca setia Dee Lestari pada 16 Maret mendatang.

[Gambas:Video 20detik]


(tia/mah)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed