DetikHot

book

36 Tahun Jadi Diplomat, Eks Dubes Yunani Georgios Veis Jatuh Cinta pada Puisi

Senin, 12 Mar 2018 18:50 WIB  ·   Tia Agnes - detikHOT
36 Tahun Jadi Diplomat, Eks Dubes Yunani Georgios Veis Jatuh Cinta pada Puisi 36 Tahun Jadi Diplomat, Eks Dubes Yunani Georgios Veis Jatuh Cinta pada Puisi Foto: Tia Agnes/ detikHOT
Jakarta - Georgios Veis dikenal sebagai eks Duta Besar (Dubes) Yunani untuk Indonesia. Puluhan tahun berprofesi sebagai seorang diplomat hampir 36 tahun lamanya, pria berusia 63 tahun itu juga jatuh cinta pada sastra khususnya puisi.

Di sela-sela pekerjaannya sebagai diplomat, Georgios Veis kerap menulis buku, yang sebanyak 9 buku seputar perjalanannya ke beberapa daerah di Indonesia. Ada juga buku kumpulan puisi.

Ketika menulis sajak-sajak, Georgios Veis mengakui kata-kata yang keluar sehingga dituliskan dalam bentuk puisi adalah hal misterius dari semesta.



"Itu adalah hal magis yang cukup misterius ketika membuat puisi. Banyak yang bilang ketika menulis puisi kalau menulis puisi adalah inspirasi yang diberikan. Bukan dipilih, puisi itu diberikan," tutur Georgios Veis saat berkunjung ke kantor detikHOT, pekan lalu.

36 Tahun Jadi Diplomat, Eks Dubes Yunani Georgios Veis Jatuh Cinta pada Puisi (Saat berkunjung ke kantor detikcom bersama istrinya Clara Zondag yang juga pelukis)36 Tahun Jadi Diplomat, Eks Dubes Yunani Georgios Veis Jatuh Cinta pada Puisi (Saat berkunjung ke kantor detikcom bersama istrinya Clara Zondag yang juga pelukis) Foto: Tia Agnes/ detikHOT


Inspirasi tersebut diakui Georgios Veis tiba-tiba saja datang ke pikiran. "Bisa karena kata-kata atau seni lukis."

Georgios Veis telah menulis 30 buku. Sebanyak 9 buku adalah buku traveling dan sebagian besar adalah 25 karya sastra puisi. Namanya pula dianugerahkan mendapatkan penghargaan National Book Award for Travel Literature di Yunani untuk buku berjudul 'Everywhere'.

"Dengan menulis, saya merasa lebih kompeten dan produktif. Dengan menulis pula menjadi penghubung antar diplomasi," tutur Georgios Veis lagi.



Kalau ditanya antara dua dunia, bidang diplomasi dan tulis-menulis, Georgios Veis tetap memilih keduanya.

"Sulit untuk menjawabnya. Aku kira kalau aku hidup lagi, aku akan menjadi seorang diplomat dan penulis," tukas pria yang kini menjadi Duta Besar Penghubung Yunani untuk China Bidang Budaya.



(tia/tia)

Photo Gallery
1 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed